Gejala Ringan Serangan Stroke Yang Bisa dikenali

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang sengaja mengabaikan gejala stroke ringan. Dalam dunia medis, gejala stroke ringan lebih dikenal dengan sebutan Transient Ischemic Attack (TIA).

Padahal gejala stroke ringan bisa menjadi indikator adanya masalah pada pembuluh darah yang berada di otak. Jika kondisi ini kita biarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan stroke berat yang bisa menyebabkan kelumpuhan pada anggota gerak.

Untuk menghindari hal ini, maka sangat penting untuk mengetahui gejala ringan dari serangan stroke agar tidak sampai berujung pada stroke berat. Berikut gejala ringan serangan stroke yang bisa diketahui :

1. Face (wajah) 
Tips pertama gejala ringan serangan stroke dapat kita lihat dengan mengamati wajah. Anda bisa meminta orang tersebut untuk tersenyum, kalau antara mulut dan wajah tidak simetris, maka itu menjadi gejala ringan dari serangan stroke.

Baca Juga  Seorang Wanita Yang Mempunyai Alergi Terhadap Air

Baca Juga : Cara Mengenali Gejala Ringan Penyakit Jantung

2. Arms (lengan)
Cara kedua untuk mengenali gejala ringan serangan stroke adalah dengan cara menyuruh orang yang kita curigai stroke untuk mengangkat kedua lengannya, suruh tahan sebentar, kalau salah satu lengan turun maka menjadi gejala ringan serangan stroke.

3. Speech (bicara)
Gejala ringan dari serangan stroke yang bisa kita kenali adalah dengan memperhatikan pembicaraannya. Orang yang mengalami gejala ringan stroke akan mengalami gangguan dalam berbicara menjadi tidak jelas dan bisa juga nglantur.

4. Time (waktu)
Banyak kasus serangan stroke yang berujung pada stadium berat dalam hitungan waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu waktu sangat penting bagi seseorang yang mengalami gejala serangan stroke. Jika mengalami beberapa gejala tersebut, maka segera bawa ke dokter.

Baca Juga  Jika Punya Asma Sebaiknya Mengurangi Asupan Daging Olahan

Apabila gejala ringan serangan stroke berlangsung sementara dan kembali seperti semula, tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini guna mencegah gejala stroke lebih berat.

Gejala ringan serangan stroke bukan hanya 4 hal yang telah disebutkan tadi. Ada beberapa gejala tambahan yang diungkapkan oleh American Stroke Association :

1. Orang yang mengalami gejala serangan stroke, bisa mengalami mati rasa. Kondisi ini terjadi pada bagian wajah, tangan dan kaki. Bisa juga hanya terjadi pada sisi tertentu tubuh.

2. Orang yang mengalami serangan stroke bisa juga mengalami gangguan dan kebingungan saat berbicara. Bahkan mereka juga kesulitan dalam memahami sesuatu.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Yang Menyusui Mengkonsumsi Kopi?

3. Sulit melihat satu sisi dengan kedua bola mata

4. Kepala terasa pusing, gangguan pada keseimbangan tubuh dan merasa kesulitan saat berjalan.

5. Yang terakhir adalah sering kali merasakan nyeri pada bagian kepala tanpa sebab yang pasti.

Artikel Terkait : Temukan Cara Efektif Pencegahan Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *