Gejala Asam Urat Yang Sering diabaikan

header niko 728 x 90

nyeri asam urat

InspirasiBersama.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak diantara kita yang mengabaikan gejala asam urat yang sering muncul. Saat ini penyakit asam urat menjadi penyakit yang bisa terjadi pada usia muda. Kalau dulu, asam urat erat dikaitkan dengan penyakit orang tua. Kondisi ini disebabkan karena pola makan yang tidak sehat sejak dini.

Tahukah kita bahwa asam urat lebih banyak terjadi pada seorang pria. Namun bukan berarti perempuan terbebas akan penyakit ini. Seorang wanita yang telah melewati masa menopause juga rentan mengalami asam urat. Selain itu ada beberapa faktor resiko lain seperti mempunyai penyakit hipertensi, obesitas, diabetes dan gangguan ginjal juga kerap menyebabkan seseorang mengalami asam urat.

Baca Juga : Alasan Mengapa Asam Urat Lebih Sering Melanda Pria Daripada Wanita

Pada awalnya, penyebab penyakit asam urat lebih disebabkan karena proses metabolisme purin dalam tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Purin merupakan bagian dari protein yang banyak terdapat pada hewani. Ada banyak jenis makanan yang banyak mengandung purin diantaranya jeroan, daging merah, hewan laut dan alkohol.

Baca Juga  Apakah Benar Minum Air Es Bisa Menyebabkan Gemuk ?

Saat kita terlalu banyak konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung purin, maka secara otomatis jumlah purin dalam tubuh kita akan menumpuk yang membuat proses metabolisme menjadi menurun. Hasilnya mendorong ginjal untuk mengeluarkan purin yang banyak menumpuk yang bisa menyebabkan meningkatnya kadar asam urat dalm tubuh kita.

Berikut beberapa gejala meningkatnya kadar asam urat yang sering diabaikan :

– Tanda pertama tingginya kadar asam urat dalam tubuh kita adalah adanya rasa nyeri yang terjadi pada bagian-bagian sendi. Yang paling sering terasa nyeri adalah sendi pada jempol kaki, pergelangan kaki dan lutut.

Baca Juga  Saudara Kandung Tak Mesti Mempunyai Alergi Yang Sama

– Intensitas nyeri yang terjadi pada sendi akan semakin sakit dalam kurun waktu yang singkat. Biasanya nyeri akan meningkat sekitar 1-3 jam pertama. Yang membuat menyiksa adalah rasa nyeri ini biasanya akan berlangsung lama sekitar 2 sampai 10 hari kedepan.

– Seseorang yang mengalami gejala peningkatan asam urat biasanya sering disertai dengan adanya pembengkakan dan kulit berubah menjadi kemerahan yang membuat penderita merasakan nyeri yang berlebih dan tidak mampu untuk bergerak.

– Nyeri yang muncul pada kasus peningkatan kadar asam urat tergolong bisa sembuh dengan sendirinya. Namun kebanyakan kasus ini menimbulkan bekas berupa kulit yang kering pada area persendian.

Baca Juga  Benarkah Olahraga Bisa Menurunkan Resiko Kanker ?

Bagi anda yang sudah pernah merasakan sakitnya saat asam urat tinggi, maka biasanya kondisi ini sering kambuh pada saat-saat tertentu. Sehingga membuat penderita asam urat harus mendapatkan pengobatan agar tidak terjadi kambuh yang menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan.

Artikel Terkait : Bahaya Asam Urat Bisa Menyebabkan Serangan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *