Gangguan Kesehatan Yang Bisa disebabkan Karena Amandel

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa amandel mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan. Letak dari amandel itu sendiri berada di belakang kerongkongan. Meskipun mempunyai manfaat yang besar, amandel juga kerap menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.

radang-amandel

gangguan kesehatan pada amandel

Amandel merupakan sebuah kelenjar yang tidak lepas dari fungsi limfatik tubuh yang mempunyai fungsi untuk melawan berbagai jenis infeksi. Banyak yang mengatakan kalau amandel sebagai garda depan dalam menangkal bakteri dan kuman yang masuk lewat makanan dan udara.

Ada manfaat yang sangat besar mengapa amandel terletak pada belakang kerongkongan. Dengan letaknya yang sangat strategis untuk menyaring kuman dan bakteri yang masuk dalam tubuh, maka amandel menjadi garda paling depan dalam melawan penyakit. Saat ada bakteri atau kuman yang masuk dalam tubuh, maka akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi sebagai pertahanan.

Dengan peranan  yang sangat vital dan terus bekerja, maka membuat amandel sering mengalami suatu peradangan atau infeksi. Hal ini disebabkan karena paparan bakteri dan kuman yang terjadi terus-menerus yang masuk lewat makanan dan udara.

Baca Juga  Benarkah Camilan Berlabel Sehat Belum Tentu Menyehatkan ?

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang erat kaitannya dengan amandel :

1. Bau mulut
Gangguan kesehatan pertama yang erat kaitannya dengan amandel adalah bisa menyebabkan bau mulut. Mungkin kita pernah mengalami bau pada mulut meskipun kita sudah berusaha menghilangkannya dengan sikat gigi, makan permen mint, namun bau masih saja terasa. Kondisi ini bisa juga disebabkan karena masalah pada amandel.

Bau mulut memang erat kaitannya kesehatan mulut, gigi dan gusi. Namun tidak menutup kemungkinan bau mulut bisa disebabkan karena gangguan atau infeksi pada amandel.

Kronologinya adalah saatv ada kontaminasi makanan yang mengandung bakteri atau kuman, maka kondisi ini akan bisa berakumulasi. Lama-kelamaan akan membentuk sebuah formasi putih yang terdapat kantung-kantung. Dari situ akan memicu pengeluaran sulfur yang membuat nafas kita menjadi bau.

Baca Juga  Seberapa Efektif Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun Cuci Piring ?

Untuk menghindari kondisi ini, maka sangat disarankan untuk rajin menyikat gigi dan jangan lupa sering pula berkumur menggunakan larutan antiseptik. Dengan begitu maka bisa membersihkan banyak timbunan pada amandel kita.

Baca Juga : Makanan Yang Bisa Memicu bau Mulut

2. Sakit saat menelan
Pernahkah anda merasakan rasa sakit saat menelan ? Jika iya ini menjadi gangguan kesehatan kedua yang terjadi pada amandel kita. Kondisi ini lebih disebabkan karena tumpukan pada amandel tang membesar akan mengganggu proses dalam menelan makanan sehingga menyebabkan rasa yang sakit. Tumpukan ini biasa dikenal dengan batu amandel.

Untuk menghilangkan batu amandel yang sering kali bersarang pada amandel kita harus lebih sering melakukan kumur-kumur yang dicampur dengan air garam. Kalau kondisi batu amandel tidak terlalu besar tidak akan menyebabkan rasa sakit yang berarti saat menelan. Namun saat batu amandel sudah besar, maka kondisi ini akan menyumbat proses menelan yang menyebabkan rasa nyeri.

Baca Juga  Inilah Dampak Jika Sering Melewatkan Waktu Makan

3. Mendengkur
Gangguan kesehatan ketiga yang erat kaitannya dengan amandel adalah mendengkur. Mendengkur bisa terjadi karena kondisi amandel yang membesar sehingga mempu menutup jalan napas.

Seseorang yang tidur suka mengorok bisa menjadi indikasi yang kurang bagus bagi kesehatan. Saat seseorang mengorok, maka akan menyebabkan asupan oksigen akan berkurang yang menyebabkan suplai oksigen ke otak juga menurun. Yang berbahaya adalah mengorok yang berujung pada henti napas saat tidur (sleep apnea). Pada kondisi ini jalan napas akan benar-benar tertutup sehingga tidak ada suplai oksigen lagi ke otak.
Artikel Terkait : Tanda Kalau Amandel Kita Bermasalah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *