Gambaran Kepribadian Bisa dikenali Dengan Status Facebook

header niko 728 x 90

update status facebook

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa untuk menggambarkan kepribadian seseorang bisa kita kenali dengan melihat status facebook. Sekarang ini social media seperti facebook menjadi gaya hidup masyarakat modern untuk berinteraksi sekaligus menunjukkan eksistensi kepada orang lain.

 

Kalau kita melihat facebook, maka kita akan sering menjumpai berbagai macam status seseorang. Ada yang mencari perhatian, ada juga yang rendah hati, ada yang ekspresif dengan update segala aktivitasnya kepada orang lain. Itulah fenomena yang terjadi di sosial media seperti facebook.

Baca Juga : Hasil Survey, Hidup Tanpa Media Sosial Lebih Bahagia

 

Melihat hal ini, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa hanya dengan melihat status facebook seseorang kita bisa mengenali kepribadian seseorang. Apakah kita tergolong orang yang narsis, mencari perhatian atau kepribadian yang lainnya. Sebuah universitas yang bernama Brunel University telah melakukan penelitian ini dengan melibatkan 555 pengguna aktif facebook.

Baca Juga  Penyebab Mudah Ngantuk Namun Sulit Tidur

 

Apabila kita melihat seseorang yang suka update status tentang romantisme bersama pasangan, maka menurut penelitian model yang seperti ini biasanya orangnya memiliki harga diri yang rendah.

 

Yang menjadi fokus dari para peneliti disini adalah untuk menggambarkan model kepribadian yang tergolong ekstrovet, terbuka, ramah, penuh kesadaran, ataukah neurotisis. Selain itu harga diri dan narsis juga ikut termasuk.

 

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa seseorang yang tergolong narsis, sebenarnya mereka melampiaskan kesukaan mereka dengan selalu update status di facebook disebabkan karena mereka ingin mendapatkan pengakuan orang lain. Mereka tidak mampu mendapatkan pengakuan tersebut secara offline, oleh karena itu dilampiaskan secara online melalui sosial media.

Baca Juga  Bahaya Hipertensi Yang Tak Terkontrol Bisa Menyebabkan Demensia

 

Berikut beberapa kepribadian yang bisa dikenali dengan melihat update status seseorang :

 

Narsis

Kepribadian pertama yaitu orang yang tergolong narsis. Mereka akan sering melakukan update status ke sosial media dengan memperlihatkan banyak hal yang menjadi prestasi mereka, mulai dari hasil program diet yang intinya mereka ingin mencari perhatian orang lain secara online.

 

Terbuka, penuh rasa ingin tahu, kreatif

Seseorang yang suka melakukan update status di facebook tentang topik pengetahuan, informasi politik atau informasi lainnya mereka cenderung memiliki kepribadian yang terbuka, kreatif dan ingin tahunya tinggi.

 

Teliti

Apabila anda tergolong orang yang suka melakukan update status tentang anak-anak anda, maka anda tergolong orang yang memiliki kepribadian yang teliti. Mereka biasanya jarang melakukan update status. Mereka lebih condong mengamati orang lain atau menilai respon orang lain akan status yang anda kirim.

Baca Juga  Ternyata Pemberian Antibiotik Pada Bayi Bisa Berdampak Buruk Dalam Jangka Waktu Yang Panjang

 

Tingkat percaya diri rendah

Kepribadian yang terakhir adalah percaya diri yang rendah. Mereka yang mempunyai kepribadian ini, maka akan cenderung menulis hal-hal yang romantis dengan seseorang yang mereka sayang.

Artikel Terkait : Dampak Psikologis Akibat Kecanduan Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *