Fenomena Pusar Yang Menonjol Saat Hamil

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita yang hamil, mengalami pusar yang menonjol sudah menjadi hal yang biasa. Kondisi ini kerap terjadi pada usia kehamilan mulai masuk trimester ke-2. Ini menjadi fenomena yang sering terjadi pada wanita yang sedang hamil.

pusar-yang-menonjol-saat-hamil

sumber gambar : tabloid-nakita.com

Munculnya pusar wanita yang sedang hamil sebenarnya bukan hal yang berbahaya. Kondisi ini terjadi karena adanya pembesaran ukuran janin sehingga membuat penekanan pada perut sehingga muncul pusar yang menonjol. Namun kondisi pusar yang menonjol bisa juga menjadi indikasi adanya hernia umbilikalis.

Baca Juga : Hal-hal Yang Harus diwaspadai Saat Hamil

Gambaran hernia sendiri merupakan munculnya robekan pada lapisan perut sehingga menyebabkan adanya tekanan yang berasal dari janin sehingga pusat terlihat menonjol.

Baca Juga  Dampak Buruk Sarapan Mie Instan Bagi Kesehatan

 

Bagi anda yang sedang hamil dan mengalami pusar yang menonjol namun tidak terasa nyeri anda tidak perlu khawatir. Hal ini disebabkan karena kondisi hernia umbilikalis kerap disertai dengan rasa nyeri. Meskipun demikian ada juga kondisi hernia umbilikalis yang tidak menyebabkan rasa nyeri. Jika anda saat ini mengalami hal ini, maka untuk memastikannya bisa memeriksakan ke dokter.

 

Bagi anda yang sedang hamil ternyata mengalami hernia umbilikalis, maka disarankan untuk tidak terlalu mengkhawatirkannya. Hal ini disebabkan karena hernia sendiri tidak tergolong penyakit yang serius. Hanya saja memerlukan tindakan khusus maupun pengobatan.

Baca Juga  Cara Unik Menghentikan Nafsu Makan Berlebihan

 

Jika anda memang mengalami hernia umbilikalis saat hamil, maka untuk mengurangi efek benjolan pada pusar bisa dikurangi dengan cara tidur terlentang sambil mendorong benjolan kembali ke dalam perut secara perlahan.

 

Masalah lain yang kerap terjadi pada bagian perut ibu hamil adalah munculnya rasa gatal. Tidak disarankan bagi ibu hamil untuk menggaruk bagian perut yang terasa gatal. Hal ini disebabkan karena jika digaruk bisa berujung pada munculnya iritasi.

 

Untuk mengatasi rasa gatal pada bagian perut, maka anda bisa menggunkana pelembab kulit untuk mengurangi rasa gatal. Tidak disarankan juga untuk menggunakan plaster untuk menahan pusar yang terlihat menonjol.

Baca Juga  Bahayakah Rambut Yang Tumbuh di Sekitar Puting dan Pusar

 

Namun kabar gembiranya adalah wanita hamil yang mengalami hernia, biasanya akan kembali normal setelah proses persalinan. Oleh karena itu jangan terlalu dikhawatirkan yang bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Artikel Terkait : Hindari Konsumsi Obat Pereda Nyeri Sembarangan Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *