Faktor-faktor Yang Menyebabkan Pubertas Dini Pada Anak Perempuan

header niko 728 x 90

pubertas dini

InspirasiBersama.com – Munculnya kasus pemerkosaan atau tindakan seks yang dilakukan oleh anak perempuan usia dini (SD) membuat banyak orang tua harus ekstra hati-hati. Tingginya kasus ini bisa disebabkan karena banyaknya faktor yang tersedia yang membuat seorang anak perempuan mengalami pubertas dini.

Bahkan menurut para pakar, munculnya tanda pubertas dini pada anak perempuan lebih dulu terjadi dibandingkan dengan anak laki-laki. Bahkan menurutnya mulai usia 6 tahun anak perempuan sudah ada yang mulai mengalami tanda pubertas dini.

Meskipun demikian, menurut salah seorang ahli bidang endokrinologi pediatrik yang bernama Lauise Greenspan mengatakan bahwa secara umum anak wanita akan muncul tanda pubertas prekoks pada usia 7 tahun.

Baca Juga  Durasi Tidur Yang Cukup Mampu Meningkatkan Kesehatan Sperma

Bagi anak perempuan dan laki-laki yang mengalami pubertas pada usia kurang dari 8 tahun (bagi anak perempuan) dan kurang dari 9 tahun (bagi anak laki-laki) disebut dengan pubertas prekoks.

Kondisi timbulnya penyakit tumor otak pada anak juga bisa mempengaruhi munculnya tanda pubertas dini. Kondisi ini masih belum jelas disebabkan karena faktor apa. Untuk menghambat munculnya pubertas dini pada kasus tumor otak diperlukan terapi obat untuk memperlambatnya.

Seorang anak perempuan yang mengalami pubertas dini akan mengalami banyak resiko saat usia remaja. Salah satu konsekuensinya adalah mereka akan lebih mudah mengalami depresi yang sering muncul pada usia awal remaja.

Baca Juga  Efek Buruk Kurang Mendapatkan Sinar Matahari Pagi Bisa Sebabkan Rambut Mudah Rapuh

Kita tahu bahwa saat seseorang anak memasuki fase pubertas, maka akan ada banyak penyimpangan perilaku yang biasanya dilakukan, misalnya mengkonsumsi alkohol, merokok, begadang, resiko menggunakan narkoba dan penyimpangan perilaku seksual.

Tahukah kita bahwa seseorang yang mengalami pubertas dini akan bisa memicu beberapa penyakit seperti munculnya penyakit diabetes tipe 2 dan munculnya kanker payudara yang sering dialami saat usia dewasa.

Kondisi ini menurut para ahli disebabkan karena faktor hormonal anak perempuan yang mengalami pubertas. Mereka akan cenderung lebih banyak mengeluarkan hormon estrogen yang berpengaruh pada perkembangan payudara. Selain itu kondisi ini juga bisa memicu obesitas.

Baca Juga  Mengapa Saat Tidur Orang Bisa Meninggal ?

Bagi anda yang memiliki seorang anak perempuan yang dikhawatirkan untuk mengalami pubertas dini, maka sebagai orang tua harus memperhatikan menu makanan anak agar tetap sehat dan sarankan untuk lebih banyak beraktifitas fisik agar terhindar dari obesitas yang bisa memicu banyak penyakit.

Artikel Terkait : Bisakah Depresi Menurun Kepada Anak Perempuan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *