Efek Suka Ngemil Pada Malam Hari Bisa Menyebabkan Menurunnya Daya Ingat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Efek suka ngemil pada malam hari bisa menyebabkan menurunnya daya ingat. Saat kita sedang begadang nonton bola atau sedang bekerja shift malam maka sering kali kita merasa lapar. Sebagian besar orang akan mencari makanan untuk dikonsumsi atau ngemil. Ternyata kebiasaan ngemil yang dilakukan di malam hari berdampak buruk bagi kemampuan daya ingat otak.

sumber gambar : Wajibbaca.com

Menurut sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa kebiasan suka ngemil yang dilakukan pada malam hari akan mempengaruhi bagian otak yaitu hippocampus yang mempunyai peranan penting dalam menyimpan memori. Studi tentang efek ngemil malam hari ini dilakukan oleh para pakar dengan melibatkan tikus.

Baca Juga  Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Susu Kental Manis

Dari hasil studi tersebut para peneliti menemukan bahwa tikus yang tetap diberikan makan pada waktu yang seharusnya tidur, maka mengalami defisit protein CREB. Ternyata protein ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam membentuk kemampuan memori yang baik.

Meskipun studi ini dilakukan pada kawanan tikus dan bukan manusia, namun para pakar percaya bahwa efeknya akan hampir sama jika dilakukan pada manusia. Oleh karena itu sebaiknya kita tidak membiasakan diri untuk ngemil pada malam hari. Bukan hanya berpengaruh buruk pada kemampuan memori saja, tetapi ngemil pada malam hari juga memicu obesitas dan diabetes.

Baca Juga  Kenali Ciri Orang Yang Kecanduan Belanja

Artikel Terkait : Dampak Buruk Kerja Shift Malam Bagi Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *