Efek Stres Bisa Mempengaruhi Siklus Haid

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Efek stres bisa mempengaruhi siklus haid wanita. Melakukan menajemen stres memang bukan perkara yang mudah. Banyak orang yang mengeluh stres akibat pekerjaan, ekonomi, musibah, dan hal-hal lain yang membuat kita sulit menghindar. Bagi seorang wanita kondisi ini tentu akan berdampak negatif bagi kesehatan salah satunya terganggunya siklus haid.

sumber gambar : vemale.com

Seorang wanita yang sedang PMS dan mengalami stres tentunya bukan hal yang baik. Kondisi ini akan malah membuat seorang wanita menjalani haid dengan banyak siksaan seperti nyeri perut, migrain, mood yang down, perut terasa kembung dan payudara lebih kencang.

Berikut efek stres pada wanita yang bisa mempengaruhi siklus haid :

Baca Juga  Berikut Perbedaan Antara Dokter Orthopedi dengan Chiropractic

Telat Haid

Pengaruh buruk stres pada wanita bisa membuat siklus haid menjadi terlambat. Pada saat kita sedang stres, maka keseimbangan hormon dalam tubuh akan terganggu terutama dalam hal produksi kortisol yang meningkat. Kondisi ini justru akan berpengaruh pada terhambatnya proses ovulasi pada wanita sehingga haid menjadi telat. Bukan hanya itu saja, pada saat haid darah yang dikeluarkan juga terbilang berbeda.

Kadar Estrogen dalam Tubuh Menurun

Disaat seorang wanita masuk masa ovulasi, maka akan ada peningkatan kadar hormon estrogen. Namun jika ternyata kita sedang dalam kondisi stres, maka akan membuat keseimbangan hormon dalam tubuh menjadi terganggu. Bahkan hormon estrogen ini akan menurun jika wanita mendekati masa haid mengalami cemas dan stres. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga agar tidak stres agar kesimbangan hormon dalam tubuh kita tetap terjaga.

Baca Juga  3 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

Sebulan Bisa Nggak Haid

Mengalami telat haid sampai beberapa hari mungkin hal yang sering terjadi pada banyak wanita. Ternyata periode telat haid pada wanita bisa mencapai satu bulan akibat stres yang berkepanjangan. Wow ternyata stres sangat besar pengaruhnya bagi siklus haid seorang wanita.

Haid lebh cepat atau Lebih Molor Waktunya

Pengaruh terakhir stres bagi siklus haid wanita bisa membuat haid menjadi lebih cepat atau bahkan lebih molor waktunya. Hal ini erat kaitannya dengan kadar hormon kortisol yang lebih banyak saat kita stres. Kondisi ini akan mempengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron. Ada kalanya haid akan datang lebih cepat dari jadwal semestinya, atau bahkan bisa molor sampai satu bulan lamanya.

Baca Juga  Dampak Negatif Berkendara Motor Tanpa Memakai Jaket Bagi Kesehatan

Artikel Terkait : Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Bisa Mempengaruhi Mood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *