Efek Samping Sering Mengayun Tubuh Anak Dengan Menarik Lengannya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sering kita menjumpai orang tua yang tanpa sadar mengayun tubuh anaknya dengan menarik lengannya. Biasanya kondisi ini sering kali terjadi saat bermain bersama. Ternyata kebiasaan seperti itu memiliki efek samping yang kurang baik bagi kesehatan anak.

 

Mengayun tubuh anak kemudian menariknya lengannya memang menjadi kebiasaan yang sangat menyenangkan bagi seorang anak. Anak akan merasa gembira dan tertawa saat kita lakukan hal tersebut. Hal ini juga menjadi sebuah kedekatan tersendiri antara anak dan orang tua. Namun kebiasaan menyenangkan tersebut berdampak buruk bagi anak.

mengayun-tubuh-anak

sumber gambar : Tribunnews.com

Menurut seorang ahli kesehatan yang juga seorang dokter bedah ortopedi yang bernama Amir Khan mengatakan bahwa kebiasaan sering mengayun tubuh anak dengan menarik lengannya bisa memicu terjadinya pergeseran sendi. Kondisi ini kerap terjadi pada anak usia 1-4 tahun.

Baca Juga  Manfaat Konsumsi Probiotik Bisa Meredakan Stres

 

Menurutnya hal ini disebabkan karena pada anak usia 1-4 tahun masih belum terbentuk ligamen dan tulang yang kuat dan sempurna. Jadi kalau terjadi tarikan kuat seperti saat mengayun tubuh dengan menarik lengan maka bisa menyebabkan sendi bergeser.

Baca Juga : Dampak Buruk Selalu Memaksa Anak Untuk Makan

 

Bukan hanya itu saja, berdasarkan sebuah informasi yang dikutip dalam sebuah situs kesehatan anak juga menyebutkan kalau anak yang masih dalam tahap pertumbuhan mempunyai resiko cidera yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena tulang dan ligamen masih belum terbentuk secara sempurna.

Baca Juga  Kebiasaan Buruk Wanita Yang dilakukan Saat Tidur Agar Terlihat Cantik

 

Menurut para pakar hal ini sering terjadi di lapangan. Kebanyakan para orang tua tidak mengetahui kalau kebiasaan mengayun tubuh anak bisa menyebabkan hal yang serius yaitu gesernya sendi yang membuat anak kesakitan.

 

Oleh karena itu bagi orang tua atau para pengasuh anak untuk tidak melakukan kebiasaan ini. Anda bisa memilih jenis aktivitas lain untuk mewujudkan keceriaan bersama anak yang tidak menyebabkan kerugian bagi kesehatan anak.

Baca Juga  Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan Bagi Ibu Hamil

Artikel Terkait : Bahaya Anak Yang Sering Duduk Dengan Membentuk Huruf W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *