Efek Samping Minum Kopi Saat Hamil

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi mereka yang suka minum kopi mungkin sangat sulit menghindar dari kebiasaan ini. Namun jika saat ini anda sedang hamil, maka sangat disarankan untuk membatasi minum kopi. Hal ini dimaksudkan karena minum kopi berlebihan saat hamil mempunyai efek samping yang kurang baik bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

minum-kopi-saat-hamil-3

sumber gambar : Vemale.com

Para pakar kesehatan sampai saat ini belum mengetahui seberapa banyak kopi yang diperbolehkan dikonsumsi olah wanita yang sedang hamil. Selain itu sudah ada beberapa studi yang menyebutkan kalau tidak ada kepastian bahwa kafein memang benar-benar berbahaya jika dikonsumsi wanita hamil.

Namun menurut ACOG yang berasal dari Amerika Serikat memberikan rekomendasi bagi ibu hamil agar mengurangi asupan kafein sebanyak 200 miligram dalam sehari. Itu sama dengan 11 ons.

Baca Juga  Mengapa Setiap Pagi Perut Terasa Kembung ?

Alasan para pakar kesehatan menyarankan untuk membatasi konsumsi kafein bagi ibu hamil adalah dikarenakan saat kafein masuk tubuh wanita hamil, maka secara otomatis akan masuk juga pada plasenta dan cairan ketuban yang mempengaruhi sirkulasi janin.

Baca Juga : Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan Bagi IBu Hamil

 

Kalau tubuh orang dewasa pastinya bisa melakukan proses metabolisme dengan baik kafein yang masuk dalam tubuh, namun pada tubuh janin hal ini belum bisa dilakukan dengan baik. Hal ini disebabkan karena banyak organ janin yang masih dalam proses pembentukan.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka tubuh janin akan mendapatkan paparan kafein dalam jangka waktu yang lama karena tidak bisa melakukan proses metabolisme kafein. Kondisi ini tentu berdampak buruk bagi kesehatan janin.

Tahukah kita bahwa dalam kopi yang mengandung kafein, saat kita konsumsi akan menyebabkan stimulasi pada jantung untuk meningkatkan denyut. Hal ini tentu akan mempengaruhi tekanan darah menjadi lebih tinggi. Kondisi ini bisa berefek pada terjadinya insomnia dan peningkatan asam lambung.

Baca Juga  Awal Mula Munculnya Penyakit Kanker Paru

Bagi seorang wanita yang sedang hamil, ternyata kemampuan tubuh untuk memecah kafein yang masuk menjadi sangat lambat. Jika hal ini berlangsung lama, maka akan mempengaruhi sirkulasi darah yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Kondisi ini kurang baik bagi ibu hamil.

Semakin tua usia kehamilan seorang wanita, maka proses pemecahan kafein dalam tubuh akan berjalan semakin lambat. Pada usia kehamilan masuk trimester kedua, maka saat ada kafein masuk dalam tubuh akan membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk memecah kafein tersebut dibandingkan sebelum hamil.

 

Terlebih kalau sudah masuk trimester ke tiga, maka tubuh wanita hamil memerlukan waktu tiga kali lipat untuk bisa memproses kafein yang masuk dalam tubuh. Ini merupakan perjalanan yang sangat lama yang berefek negatif bagi kesehatan ibu dan janin.

Baca Juga  Pasangan Suami Istri Yang Punya Tubuh Gemuk, Lebih Rentan Tidak Punya Anak

Bukan hanya itu saja. Seorang wanita yang sedang hamil dan suka konsumsi kafein akan menyebabkan proses penyerapan cat besi dalam tubuh akan terhambat. Padahal zat besi sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil.

Artikel Terkait : Konsumsi Kafein Saat Hamil Bisa Meningkatkan Resiko Keguguran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *