Efek Samping Mengkonsumsi Makanan Yang Sudah Kadaluwarsa

header niko 728 x 90
keracunan-kadaluwarsa

sumber gambar : ibudanmama.com

InspirasiBersama.com – Sering kali tanpa kita sadari ada jenis makanan yang kita konsumsi dan ternyata sudah kadaluwarsa. Hal ini disebabkan kita kurang teliti dalam mengkonsumsi jenis makanan. Tidak semua orang teliti melihat label pada makanan yang akan dikonsumsi. Kebanyakan dari kita hanya melihat tekstur dan aroma dari makanan tersebut.

Bagi anda yang suka membeli makanan instan, maka sangatlah penting untuk melihat label tanggal kadaluwarsa suatu makanan. Pada setiap jenis makanan yang berlabel, maka akan terdapat tanggal kadaluwarsanya.

Ini artinya sebagai konsumen kita harus jeli melihat tanggal kadaluwarsa suatu jenis makanan. Kalau kita tidak jeli, maka resiko kesehatan akan kita tanggung sendiri. Hal ini disebabkan karena produsen makanan sudah mencantumkan tanggal kadaluwarsa makanan yang diedarkan.

Baca Juga  Penyebab Terbanyak Kematian Ibu Akibat Pernikahan Dini

Istilah-istilah yang sering kali digunakan oleh produsen makanan tentang kadaluwarsa suatu makanan adalah biasanya bertuliskan ‘best before’, ‘sell by’, terbaik jika digunakan sebelum dll. Ini semua menunjukkan kepada konsumen untuk selalu melihat petunjuk kapan makanan masih layak untuk dikonsumsi.

Bagi seseorang yang terlanjur mengkonsumsi jenis makanan yang sudah kadaluwarsa, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan yang beragam atau pada sebagian orang bisa lebih parah sampai pada tingkat keracunan.

Baca Juga : Benarkah Makanan Yang Berjamur Aman Untuk dikonsumsi

Semua itu tergantung dari jenis makanan dan pertahanan tubuh kita. Misalnya saja kita mengkonsumsi jenis sayuran yang satu haru melebihi tanggal kadaluwarsa biasanya tidak akan menimbulkan gangguan yang lebih serius.

Baca Juga  Sering Membuat Kue, Ternyata Berdampak Positif Bagi Kesehatan Mental

Namun kalau kita mengkonsumsi jenis makanan seperti daging yang melebihi satu minggu dari tanggal kadaluwarsa, maka akan menyebabkan gangguan yang lebih serius seperti adanya rasa sakit pada perut, mual dan sampai muntah.

 
Bagi mereka yang sampai pada kondisi keracunan, maka akan menimbulkan dampak seperti adanya rasa kram atau nyeri pada perut, mual, kepala menjadi pusing, diare dan muntah.

Kondisi gangguan kesehatan yang disebabkan karena keracunan akan bervariasi bagi setiap orang. Ada orang yang merasakan gejala keracunan yang hanya beberapa jam setelah mengkonsumsi, ada juga yang sampai hitungan hari atau bahkan minggu. Hal ini sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh seseorang.

Baca Juga  Busana Yang Bisa Membuat Anda Cepat Punya Pacar

Namun pada kondisi kasus keracunan yang berat, maka sangat disarankan untuk membawa ke rumah sakit. Hal ini disebabkan karena pada kasus keracunan yang berat maka akan mengalami muntah, rasa nyeri pada perut atau bahkan diare yang hebat yang membuat seseorang banyak kehilangan cairan tubuh.

Artikel Terkait : Jika Keracunan Makanan Lakukan Hal Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *