Efek Samping Mengkonsumsi Ibu Profen Saat Nyeri Akibat Olahraga

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa bagi seorang atlet balap sepeda ternyata sering kali mengkonsumsi ibu profen. Biasanya obat jenis ini dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah melakoni balap dengan harapan bahwa terhindar dari resiko peradangan. Namun kebiasaan ini mempunyai efek samping yang kurang bagus bagi kesehatan.

 

Selain digunakan untuk mencegah peradangan bagi atlet yang hendak bertanding, mengkonsumsi ibuprofen sebelum maupun sesudah melakukan olahraga bisa meredakan efek nyeri karena olahraga. Namun sering melakukan hal ini ternyata bisa membuat efek buruk pada kinerja otot, perlambatan pemulihan pada jaringan jika rusak, dan berdampak jangka panjang bagi kesehatan secara umum.

nyeri-setelah-olahraga

sumber gambar : bangka.tribunnews.com

Bahkan dalam sebuah studi menyebutkan bahwa jika ada seorang atlet lari yang mengkonsumsi ibu profen sebanyak 600 miligram sebelum berlari, maka potensial untuk mengalami kerusakan jaringan yang disebabkan karena efek stres oksidatif.

Baca Juga  Apa Manfaatnya Berjalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas

 

Bagi seorang atlet balap sepeda yang sering mengkonsumsi ibuprofen sebelum bersepeda, maka bisa menyebabkan efek samping kebocoran pada bagian usus.

Baca Juga : 7 Jenis Obat Yang disarankan Dihindari Saat Perut Kosong

 

Bagi anda seorang atlet yang sering kali merasakan radang atau cidera otot saat latihan, maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi ibuprofen baik sebelum maupun sesudah latihan. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan alami yang bisa bersifat anti peradangan seperti teh dan jus ceri.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Mata Menjadi Berkantung

 

Kita tahu bahwa dalam sebuah teh hitam dan hijau mengandung banyak antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan terutama bisa mencegah resiko kerusakan pada otot dan mampu mempercepat proses peradangan.

 

hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang menyebutkan bahwa seorang atlet balap sepeda yang mengkonsumsi ekstrak teh hitam bisa terhindar dari resiko nyeri atau cidera saat latihan meskipun dengan intensitas yang tinggi.

 

Bukan hanya itu saja, dalam studi yang lain yang dilakukan di Universitas Vermont menyatakan bahwa siswa yang diberikan konsumsi 12 ons jus ceri baik sebelum maupun sesudah olahraga mempunyai resiko cidera yang lebih kecil hanya 4 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi jus ceri yang angka cidera meningkat sampai 22 persen.

Baca Juga  Efek Buruk Lain Minum Alkohol Memicu Konsumsi Junk Food

Artikel Terkait : Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *