Efek Minuman Dingin Bagi Kesehatan Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Efek minuman dingin bagi kesehatan jantung. Bagi kita warga Indonesia dengan iklim yang tropis tentunya mengkonsumsi minuman dingin sangat enak rasanya. Hal ini akan membuat sensasi rasa segar di tenggorokan. Ternyata jenis minuman ini memiliki efek bagi kesehatan kita terutama bagi jantung. Menurut para pakar kesehatan, minuman dingin akan membuat denyut jantung kita menjadi lebih lambat.

sumber gambar : shae45.blogspot.co.id

Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama The Effect of ice Water Ingestion on Autonomic Modulation in Health Subjectsyang menyebutkan bahwa setelah kita mengkonsumsi minuman dingin, maka akan mempengaruhi saraf vagus. Saraf ini  termasuk dalam sistem saraf otonom mempunyai pengaruh yang vital dalam menggerakkan berbagai organ tubuh.

Baca Juga  Berdasarkan Hasil Riset, Ternyata Virus Zika Bisa Menyebabkan Sel Otak Mati

Saat ada rangsangan berupa minuman yang dingin, maka akan membuat kinerja dari saraf vagus kita menjadi kurang normal. Kondisi ini akan mempengaruhi denyut jantung menjadi lebih lambat dari normal. Sering mengkonsumsi minuman yang dingin juga berdampak bagi kesehatan pencernaan dan membuat pembuluh darah kita menjadi lebih sempit. Jika kita mengkonsumsinya setelah makan, maka akan membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lambat yang memicu perasaan tak nyaman di perut.

Baca Juga  Foto Wabah Kolera di Yaman 2017

Itulah beberapa efek minuman dingin bagi kesehatan. Dengan membaca artikel ini sebaiknya kita membatasi konsumsi minuman dingin demi kesehatan jantung, pembuluh darah dan pencernaan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait : 4 Bahan Berbahaya Yang Sering Terdapat Pada Makanan Instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *