Efek Menyentuh Bayi Tanpa Mencuci Tangan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebuah kisah yang menunjukkan seorang bayi yang hampir saja kehilangan nyawa akibat terinfeksi virus penyakit pernapasan yang menular (RSV). Belajar dari kejadian ini, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh bayi.

Kisah ini berasal dari seorang ayah yang berasal dari Memphis Amerika Serikat yang menceritakan kalau bayinya terbaring sakit meningitis dan dirawat di sebuah rumah sakit.

sumber gambar : vemale.com

Kondisi bayi ini sempat mengalami kritis akibat serangan virus. Bahkan sang ayah menceritakan kalau bayinya sempat tidak bernapas dan akhirnya bernapas kembali. Saat ini bayinya masuk dalam suatu ventilator dalam rumah sakit.

Baca Juga  Bahaya Wanita Hamil Yang Sering Kelelahan Bisa Berdampak Buruk Pada Ukuran Janin

Diketahui bahwa bayi tersebut mendapatkan banyak diagnosa penyakit yang berbahaya seperti RSV, bronchitis, penumonia dan pada bagian kanan paru sang bayi tidak berfungsi.

Belajar dari kisah ini, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan kepada para orang tua untuk memperhatikan kebersihan tangan saat memegang bayi. Sebaiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh bayi. Hal ini mencegah terjadinya kontaminasi virus maupun bakteri pada tangan kita. Kebiasaan ini bisa mencegah paparan virus yang menyebabkan penyakit virus pernapasan menular seperti RSV.

Baca Juga : Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Virus RSV merupakan ancaman yang sangat berbahaya yang bisa memicu masalah pernapasan yang buruk seperti munculnya pneumonia dan infeksi paru pada anak yang berusia kurang dari satu tahun.

Baca Juga  Efek Buruk Olahraga Lari di Jalan Raya Bagi Kesehatan Paru

Kondisi ini lebih rentan terjadi bagi bayi yang lahir dalam kondisi prematur dan masih berusia kurang dari tiga bulan. Saat tersebut sistem kekebalan tubuh bayi masih belum terbentuk komplit dan bekerja dengan optimal sehingga rentan akan infeksi.

Tidak mencuci tangan saat menyentuh tubuh bayi sangat rentan menularkan infeksi virus. Virus RSV ini tergolong sangat mudah menyebar yang bisa ditularkan lewat udara seperti halnya saat kita bersin. Selain itu jenis virus ini juga masih bisa bertahan dalam suatu permukaan dalam kurun waktu yang berjam-jam.

Baca Juga  Ternyata Menstruasi Bermanfaat Bagi Kesehatan Ginjal

Untuk mencegah penularan virus RSV ini pada bayi kita, maka sebaiknya kita mencuci tangan dulu dengan menggunakan sabun dan air sebelum menyentuh bayi. Dengan begitu kita bisa menurunkan resiko infeksi pada bayi akibat sentuhan dengan orang tua.

Artikel Terkait : Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *