Efek Dari Kurang Tidur Bisa Membuat Jantung Tidak Sehat

header niko 728 x 90

dampak kurang tidur

InspirasiBersama.com – Tahukah kita pola tidur ternyata mempunyai pengaruh bagi kesehatan jantung. Banyak orang yang menganggap untuk menyehatkan jantung cukup hanya olahraga teratur dan menjaga pola makan saja. Ternyata anggapan itu salah. Untuk mempunyai jantung yang sehat dibutuhkan pola makan sehat, olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Apabila kita sering mengalami kurang waktu tidur, maka pada waktu mendatang jantung kita akan mengalami masalah. Hal ini disebabkan karena saat kita tidur, maka banyak organ tubuh kita yang mengalami istirahat. Misalnya tekanan darah menjadi turun, otot menjadi rileks, suplai darah mengalami peningkatan dan adanya pelepasan hormon. Selain itu saat kita tertidur maka banyak jaringan tubuh yang mengalami perbaikan dan bertumbuh. Oleh karena itu saat kita tidur dengan durasi waktu yang cukup maka membuat badan kita menjadi segar dan seperti terlahir kembali.

Baca Juga  5 Hal Yang Menyebabkan Kulit Cepat Keriput

Sebaliknya saat kita mengabaikan waktu tidur yang cukup, maka beberapa hal yang positif bagi tubuh kita seperti yang telah diungkapkan tadi tidak dapat terpenuhi. Dampaknya memberikan dampak negatif bagi kesehatan kita terutama jantung. Selain itu ada beberapa penyakit berbahaya yang disebabkan oleh karena kurangnya waktu tidur yaitu obesitas, diabetes dan jantung.

Baca Juga  Sakit Jantung Bisa Disebabkan Karena Sering Kerja Lembur

Menurut para pakar kesehatan, tidur yang baik adalah tidur pada malam hari selama 7-8 jam. Bagaimana kalau durasi tidur kita melebihi 7-8 jam ?. Menurut para ahli, berdasarkan sebuah hasil penelitian meskipun mereka melakukan tidur melebihi 9 jam pada malam hari tidak membuat umur mereka menjadi panjang.

Bagi anda yang mempunyai banyak aktivitas, memang sulit untuk menjaga pola tidur yang sehat. Terkadang kita tidur hanya 6 jam dalam semalam. Namun para pakar menyarankan untuk tidak sering melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan kurang tidur. Resiko munculnya penyakit jantung, diabetes dan obesitas akan meningkat jika kita mengalami kurang tidur hampir setiap hari.
Artikel Terkait : Manfaat Tidur Dengan Kondisi Lampu Gelap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *