Efek Buruk Tidur Kembali Setelah Sholat Shubuh

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Melakukan tidur kembali setelah sholat shubuh memang terkesan enak. Biasanya mereka yang melakukan hal ini disebabkan karena merasa masih kurang tidur. Namun ternyata tidur kembali setelah sholat shubuh bagi umat Islam menyebabkan tubuh terasa lebih lelah.

Kebiasaan tidur kembali setelah sholat shubuh juga tidak dianjurkan oleh salah satu dokter yang bernama dr. Astuti Sp. S (K) yang bekerja di RSUP Dr. Sardjito di bagian klinik gangguan tidur. Tidur lagi setelah terbangun untuk sholat shubuh menyebabkan tubuh tambah terasa lelah.

tidur-setelah-sholat-shubuh

sumber gambar : http://islamedia.id/

Sebelumnya banyak anggapan kalau dengan menambah jam tidur setelah sholat shubuh, maka akan menyebabkan kita tidak ngantuk pada siang harinya. Anggapan ini adalah keliru. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas maka harus melalui siklus tidur yang terdiri dari rasa ngantuk, kemudian tidur, dan terbangun kembali pada pagi hari.

Baca Juga  Benarkah Menyusui Bisa Menyebabkan Payudara Menjadi Kendur ?

Dalam siklus atau tahapan tidur, terdapat 5 tahapan yang harus dilalui. Kelima tahapan tersebut akan bisa dipenuhi jika seseorang mampu melakukan tidur selama 7-8 tanpa terputus. Kalau tidur terputus, maka tidak akan mencapai 5 tahapan tidur yang menghasilkan tidur yang berkualitas.

Yang membuat seseorang bisa terbangun kembali setelah tidur panjang adalah karena sudah masuk pada siklus rapid eye movement (REM) yang dengan perlahan memberikan sinyal kepada otak untuk terbangun dan siap melakukan aktivitas kembali.

Baca Juga  Sering Mengantuk Setelah Makan Siang Bisa Disebabkan Karena Makanan Yang Berlemak

Baca Juga : Penyebab Sering Pusing Saat Bangun Tidur

Kondisi ini akan terjadi pada saat-saat jam sholat shubuh. Jika kita menerapkan pola tidur selama 7-8 jam secara benar, maka pada saat shubuh akan membuat kita terbangun dan tubuh kita sudah disiapkan untuk beraktivitas kembali.

Jika kita melakukan tidur kembali setelah tubuh siap untuk beraktivitas, maka akan membuat tubuh kembali dalam posisi lemas. Ibarat mesin mobil yang sudah waktunya panas, namun karena kita matikan kembali maka menyebabkan mobil lama untuk panas kembali.

Untuk bisa menerapkan pola tidur yang baik dan berkualitas, maka sangat disarankan untuk memulai tidur pada jam 20.00 atau 21.00. Dengan dimulai pada am tersebut, maka saat shubuh tubuh kita akan tergerak untuk bangun dan siap untuk beraktivitas kembali. Kita akan merasakan lebih segar dan bersemangat memulai aktivitas di pagi hari.

Baca Juga  Sering Duduk Jongkok Bagus Bagi Anda Yang Sulit BAB

Artikel Terkait : Penyebab Anda Sulit Bangun Pada Pagi Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *