Efek Buruk Suka Mendengarkan Musik Memakai Earphone

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memiliki sebuah gadget dan di isi dengan beberapa lagu kesukaan memang sangat menyenangkan. Kita bisa mendengarkan kapan saja kita inginkan. Bahkan sebagian orang bisa mendengarkan melalui earphone. Namun ternyata kebiasaan suka mendengarkan musik menggunakan earphone berefek kurang baik bagi kesehatan.

Bahkan yang lebih berbahaya lagi adalah mereka yang saking sukanya mendengarkan musik pakai earphone, sampai masih terpasang meskipun dia sudah tertidur. Ada banyak sekali orang yang mempunyai kebiasaan buruk ini.

sumber gambar : http://www.cirebontrust.com/

Tahukah anda bahwa suka mendengarkan musik memaki earphone sampai kita tertidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan pendengaran kita. Hal ini diungkapkan oleh para pakar kesehatan.

Baca Juga  Benarkah Menyusui Bisa Menyebabkan Payudara Menjadi Kendur ?

Sebenarnya saat orang tertidur dengan masih mendengarkan musik memakai earphone, dia sudah tidak mendengarnya. Meskipun demikian rumah siput yang ada di organ telinga akan tetap mendapatkan energi suara yang terus saja berlanjut. Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi rumah siput kita.

Baca Juga : Benarkah Suka Bermain Musik Bisa Meningkatkan Kecerdasan ?

Rumah siput atau koklea mempunyai peranan yang sangat penting bagi pendengaran kita. Tergolong organ dalam sistem pendengaran, koklea mempunyai peranan menyampaikan pesan yang terdengar menuju ke saraf dan otak. Apabila koklea terus mendengarkan suara keras musik dari sebuah earphone, maka lama kelamaan bisa merusak sistem saraf pendengaran yang berujung pada gangguan pendengaran yang bersifat permanen.

Baca Juga  Memakai Masker Merupakan Cara Terbaik Mencegah Penularan Tuberkulosis (TB)

Bagi anda yang sampai saat ini masih suka mendengarkan musik memakai earphone, maka sangat disarankan untuk meninggalkan kebiasaan ini. Sebenarnya sudah ada sebuah peringatan apabila kita mendengarkan musik menggunakan aerphone dan dilakukan dengan cukup keras, maka bisa membahayakan sistem pendengaran.

Artikel Terkait : Tips Mengatasi Telinga Yang Suka Mendengar Suara Berdering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *