Efek Buruk Jika Kita Malas Berolahraga

header niko 728 x 90

akibat malas berolahraga

InspirasiBersama.com – Sudah pasti bahwa jika seseorang mempunyai kebiasaan olahraga, maka akan membuat badan menjadi sehat. Namun bagaimana jika biasanya rutin melakukan olahraga kemudian mendadak tidak melakukan olahraga ?

Ternyata kalau kita kemudian menjadi malas berolahraga akan berdampak secara langsung pada kesehatan tubuh kita. Akan ada banyak masalah kesehatan yang akan muncul mulai dari hitungan hari sampai jangka panjang.

Baca Juga : Dampak Negatif Jika Tubuh Jarang Bergerak

Berikut beberapa efek buruk jika kita malas berolahraga :

1. Lemak di perut
Efek buruk yang pertama jika kita malas berolahraga adalah akan ada banyak tumpukan lemak dalam perut. Kondisi ini disebabkan karena ada banyak tumpukan kalori yang tidak bisa kita bakar karena malas berolahraga sehingga menumpuk menjadi lemak pada lapisan perut.

Baca Juga  Kaitan Antara Mendengkur, Sleep Apnea, dan Kematian Mendadak

2. Sering lelah
Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang biasanya rutin melakukan olahraga, kemudian menjadi malas akan menyebabkan tubuh kita menjadi mudah lelah. Biasanya naik turun tangga tidak merasa lelah, namun kita terasa sangat melelahkan. Itulah akibat jika kita malas berolahraga.

3. Kehilangan otot
Seseorang yang rutin berolahraga akan mempunyai massa otot yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang malas berolahraga. Nah kalau kita mendadak menjadi malas berolahraga, maka akan membuat massa otot kita akan kembali menurun yang otomatis menurunkan kekuatan otot.

4. Kaku
Sering kali kita melihat seseorang yang merasa badannya kaku saat beraktivitas sedikit berat. Hal ini disebabkan karena tulang dan ototnya tidak terbiasa melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berat.

Baca Juga  Hindari Makan Terlalu Cepat Karena Bisa Memicu Diabetes

5. Insomnia
Ternyata orang yang mengalami masalah pada gangguan tidur seperti insomnia bisa disebabkan karena malas berolahraga. Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang rajin berolahraga akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

6. Malas
Bisa kita rasakan saat mengawali pagi hari dengan aktivitas fisik atau olahraga yang bisa menguras keringat. Saat pagi hari kita bisa memulai dengan olahraga, maka akan membuat tubuh kita menjadi lebih bersemangat dan tidak malas.

7. Stres
Efek buruk ke tujuh seseorang yang malas berolahraga adalah menjadi mudah stres. Hal ini disebabkan karena seseorang yang rajin berolahraga akan mempunyai banyak hormon endorfin atau hormon bahagia sehingga tidak mudah stres. Sebaliknya jika kita malas berolahraga, maka hormon endorfin akan sedikit sekali jumlahnya yang membuat kita gampang stres.

Baca Juga  Membatasi Asupan Gula Bisa Menjadi Tips Jitu Agar Tetap Fit dan Awet Muda

Artikel Terkait : Beberapa Manfaat Olahraga Pada Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *