Disarankan Mencuci Apel Sebelum dimakan

header niko 728 x 90

mencuci buah apel

InspirasiBersama.com – Sudah tidak diragukan lagi kalau buah apel mengandung banyak nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita. Namun saat kita mengkonsumsinya, masih banyak diantara kita yang tidak mencucinya alias kita makan langsung. Ternyata mengkonsumsi apel disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu.

Saat kita melihat kulit apel yang terlihat sangat menarik dengan warna yang mengkilap, maka akan mendorong kita untuk langsung mengkonsumsinya. Dengan tidak mencuci kulit apel terlebih dahulu, maka ada banyak resiko kontaminasi bakteri dan pestisida yang kemungkinan banyak menempel. Dan hal ini tidak bisa kita lihat dengan kasat mata biasa.

 

Menurut para ahli, kulit buah apel memang terlihat menarik dan mempunyai khasiat bagi kesehatan. Namun bukan berarti saat kita mengkonsumsinya tidak mencucinya terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk mencuci kulit buah apel terlebih dahulu sebelum kita konsumsi.

Baca Juga  Penyebab Kontrasepsi Bisa Mempengaruhi Libido Wanita

Kalau kita mencoba berfikir sejenak, maka saat buah apel dipetik dari perkebunan dan sampai pada tangan penjual di pinggir jalan, maka ada banyak kemungkinan kontaminasi bakteri atau patogen yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Bukannya mendapatkan manfaat dari makan buah apel, namun malah menimbulkan gangguan kesehatan.

Kondisi ini ternyata sering terjadi di AS. Berdasarkan sebuah data yang berasal dari AS menyebutkan bahwa dalam setiap tahunnya terdapat 9 juta kasus gangguan kesehatan yang disebabkan karena kontaminasi makanan seperti pada buah dan sayuran yang tidak dicuci.

Baca Juga  Kebiasaan di atas Tempat Tidur Dapat Mempercepat Keriput

Apabila kita sampai terkontaminasi dengan beberapa jenis bakteri misalnya E. Coli, salmonella, norovirus dan listeria, maka bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan dalam tubuh kita. Salah satu contohnya adalah mengalami diare, infeksi saluran kemih, demam dan yang paling parah adalah gagal ginjal. Jadi jangan sepelehkan mencuci buah atau sayur sebelum dimakan ya.

Bukan hanya itu saja, saat kita mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang sempat jatuh ke tanah, maka sangat berpotensi terkontaminasi beberapa bakteri yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. oleh karena itu sangat disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu.

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah menyimpan buah dan sayuran dalam kulkas dan tidak mencucinya. Dengan tidak mencucinya terlebih dahulu, maka akan membuat resiko kontaminasi pada lemari es yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Baca Juga  Alasan Seorang Wanita Membutuhkan Waktu Tidur Yang Lebih Lama dibandingkan Dengan Pria

Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencuci buah san sayuran sebelum kita menyimpannya dalam lemari es. Hal ini sangat penting meskipun suhu dalam lemari es sudah dingin.
Artikel Terkait : Deretan Buah dan Sayuran Yang disarankan Dimakan Dengan Kulitnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *