Disamping Bermanfaat Bagi Kesehatan Fisik, Anak Yang Aktif Bergerak Mempunyai Kesehatan Mental Yang Lebih Baik

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Norwegian University of Science and Technology menyatakan bahwa anak yang aktif bergerak atau banyak berolahraga lebih terhindar dari depresi. Ini menunjukkan kalau aktif bergerak bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja, namun juga sangat baik bagi kesehatan mental anak.

Dalam studi tersebut diketahui telah melibatkan 800 anak-anak yang memiliki usia 6 tahun. Anak-anak tersebut ditanyai tentang pola aktivitas fisik yang dilakukan seperti halnya olahraga. Kemudian setelah mereka berusia 8 sampai 10 tahun, para peneliti melakukan sebuah pengamatan untuk mengetahui tingkat depresi yang dialami oleh anak-anak tersebut.

sumber gambar : kompas.com

Dari pengamatan tersebut diketahui bahwa anak yang tergolong kurang aktif atau tidak suka berolahraga lebih rentan mengalami depresi dibandingkan dengan anak lain yang tergolong aktif bergerak atau suka olahraga.

Baca Juga  Inilah Bahaya Menyemprotkan Parfum di Vagina

Baca Juga : Manfaat Bermain Bagi Anak Mampu Meningkatkan Tumbuh Kembang

Anak yang diketahui mengalami gejala depresi cenderung akan lebih banyak duduk dan malas beraktivitas seperti bermain dengan teman-temannya. Jika dibiarkan begitu saja, maka kondisi ini akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikologis anak.

Melakukan olahraga memang tidak bisa serta merta meredakan depresi yang dialami, namun dengan rutin beraktivitas atau berolahraga maka kita bisa menekan beberapa gejala depresi. Dengan begitu, anak tidak akan sampai jatuh pada posisi depresi yang berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan psikologisnya.

Baca Juga  Resiko Kanker Liver Bagi Remaja Pria Yang Obesitas

Menurut para peneliti mengatakan bahwa, anak yang suka berolahraga atau aktif bergerak bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan mentalnya saja, namun juga menghindarkan anak dari kondisi obesitas.

Dengan segudang manfaat besar banyak berolahraga atau aktif bergerak bagi anak, maka sebagai orang tua harus mendorong anaknya untuk lebih aktif bergerak dan tidak membiarkan hanya duduk diam bermain gadget maupun bermain komputer saja. Dengan begitu anak kita akan tumbuh menjadi anak yang sehat, terbebas dari obesitas, terhindar dari depresi dan memiliki kesehatan mental yang baik.

Baca Juga  Kelapa Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Tips Supaya Anak Suka Olahraga

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *