Diet Ketogenik Untuk Menurunkan Berat Badan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang diet ketogenik yang bisa menurunkan berat badan. Pola diet ini juga menjadi top 10 pencarian tentang diet selama tahun 2016. Lantas apakah aman melakukan diet ketogenik dalam rangka menurunkan berat badan ?

Diet ketogenik ini terbilang agak berbeda dengan prinsip diet yang lainnya dimana pola diet ketogenik justru menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Sedangkan jenis makanan yang mengandung protein dan karbohidrat hanya disarankan dalam jumlah sedikit.

sumber gambar : http://reps-id.com/

Secara detail komposisi diet ketogenik ini terdiri dari kebutuhan kalori sebanyak 75 sampai 90 persen yang bisa didapatkan dari sumber lemak, protein hanya sebanyak 6 sampai 20 persen, sedangkan karbohidrat juga hanya 5 persen saja.

Baca Juga  Waktu Pacaran Yang disarankan Sebelum Menikah

Penemuan metode diet ketogenik pada awalnya bertujuan untuk menekan intensitas serangan kejang bagi penderita epilepsi. Hal ini disebabkan pada saat itu belum ditemukan obat antikejang.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang juga menerapkan pola diet ketogenik ini untuk proses menurunkan berat badan mereka. Tujuan utama pola diet ketogenik adalah menuju kondisi ketosis yang dialami tubuh sehingga proses pembakaran dalam tubuh menggunakan lemak dan tidak berasal dari karbohidrat.

Saat seseorang melakukan diet ketogenik, maka dalam kurun waktu empat hari akan terjadi kondisi cadangan karbohidrat dalam tubuh yang berupa glikogen akan menurun. Kondisi ini menyebabkan keadaan ketosis yang efeknya menurunkan berat badan.

Baca Juga : Faktor Penting Yang Mempengaruhi Sukses Tidaknya Diet

Sebenarnya pola diet ketogenik ini memiliki kelebihan yaitu pelakunya tidak mengalami kelaparan seperti halnya kebanyakan pola diet. Hal ini disebabkan kita didorong untuk banyak konsumsi lemak. Kondisi ini juga menyebabkan berkurangnya nafsu makan kita.

Baca Juga  Tinggal Serumah Dengan Mertua Pasca Menikah Memicu Stres

Berdasarkan sebuah studi menyebutkan bahwa pola diet ketogenik juga bisa dikatakan cukup efektif dalam hal menurunkan berat badan. Efek lain yang terjadi adalah tekanan darah menjadi lebih turun, dan penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

Bagi anda yang melakukan pola diet ketogenik tentunya memahami lemak adalah lemak yang sehat. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan lemak sehat seperti telur, daging, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari dan beberapa sumber lain.

Dalam sehari, anda disarankan hanya mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 50 gram saja. Dengan demikian pilihan menunya sedikit terbatas. Anda bisa sarapan pagi dengan mengkonsumsi satu butir telur ditambah dengan sayuran dan untuk buahnya bisa memilih alpukat.

Baca Juga  Inilah Tanda Seorang Wanita Yang Melahirkan Prematur

Pada saat jam makan siang, maka anda bisa memilih salad dan balsamic vinegar dan beberapa potong ayam. Jika anda membutuhkan suatu camilan tambahan, maka anda bisa memilih kacang-kacangan.

Namun sayangnya kebanyakan mereka yang menerapkan pola diet ketogenik ini tidak bisa bertahan lama.

Artikel Terkait :Solusi Agar Berat Badan Tetap Stabil Pasca Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *