Deretan Rempah-rempah Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebagai masyarakat Indonesia patutnya kita banyak bersyukur karena dilimpahi alam yang sangat subur. Ada banyak jenis rempah-rempah yang sangat mudah tumbuh di Indonesia yang berkhasiat bagi kesehatan. bukan hanya itu rempah-rempah juga sangat erat kaitannya dengan makanan.

 

Berikut deretan rempah-rempah yang kaya manfaat bagi kesehatan :

rempah

sumber gambar : kayu-manis.com

Bubuk kari

Jenis rempah yang pertama adalah bubuk kari. Bubuk kari sendiri terdiri dari baan kunyit. Tahukah anda berdasarkan pendapat seorang pakar kesehatan yang bernama Bharat Aggarwal, MDPhD mengatakan bahwa kunyit kaya akan kandungan kurkumin yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Bahkan kandungannya 50 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan vitamin C atau E.

 

Bukan hanya itu saja, konsumsi kunyit juga sangat bagus bagi kesehatan karena berdasarkan hasil studi bisa mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker usus.

Baca Juga  Penggunan Lensa Kontak Meningkatkan Resiko Infeksi

 

Rosemary

Jenis rempah kedua yang kaya manfaat bagi kesehatan adalah rosemary. Saat kita melakukan memasak makanan dengan temperatur yang tinggi, maka akan memicu munculnya senyawa yang bisa memicu kanker. Senyawa tersebut bernama heterosiklik amina.

 

Namun jika dalam memasak kita memasukkan rosemary terlebih dahulu, maka resiko itu akan turun dengan drastis sampai 84 persen. Hal ini sudah dilakukan sebuah studi yang dilakukan di Kansas University.

 

Oregano

Selanjutnya adalah rempah-rempah yang bernama oregano. Kandungan yang tinggi akan vitamin K dan antioksidan membuat rempah yang satu ini mampu menangkal resiko flu perut.

 

Selain itu saat kita konsumsi oregano, maka apabila terdapat banyak bakteri yang ikut masuk dalam tubuh bersama dengan makanan, maka akan bisa ditekan oleh oregano sehingga tidak sampai menimbulkan tubuh sakit.

 

Kayu manis

Baca Juga  Dampak Buruk Sering Kerja Lembur Bagi Kesehatan Jantung

Ternyata kayu manis kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu mencegah gula darah yang tidak stabil. Kayu manis erat kaitannya dengan fungsi metabolisme glukosa dalam tubuh.

 

Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan kalau rutin konsumsi kayu manis sebanyak setengah sendok teh mampu mencegah terhadap penyakit diabetes dan jantung dalam kurun waktu enam minggu.

Baca Juga : Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

 

Jahe

Bagi anda yang sering kali merasakan sakit-sakit setelah berolahraga, maka bisa mengkonsumsi jahe. Rempah yang satu ini bisa mengurangi rasa nyeri setelah kita berolahraga.

 

Pala

Jika anda bermasalah pada kesehatan mulut dan gigi, maka konsumsi pala bisa mencegah terhadap masalah gigi dan mulut. Artinya bisa mencegah dari resiko gigi berlubang.

 

Kondisi ini disebabkan karena pala mengandung macelignan yang mampu mencegah munculnya plak pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang. Jadi konsumsi pala sangat baik bagi kesehatan mulut dan gigi.

Baca Juga  Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Bisa Berhenti Merokok ?

 

Cabai

Tahukah kita bahwa cabai mempunyai manfaat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mampu membakar kalori lebih cepat. Hal ini sangat baik untuk menjaga berat badan tetap stabil.

 

Jinten

Jenis rempah yang terakhir yang kaya manfaat kesehatan adalah jinten. Konsumsi jinten memberikan manfaat asupan zat besi tubuh kita. Dengan begitu akan memberikan efek tubuh menjadi lebih berenergi dan tubuh terasa lebih bugar.

Artikel Terkait : Manfaat Sering Konsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *