Deretan Makanan Yang Sangat Bagus Bagi Kesehatan Mata Selain Wortel

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sudah tentu banyak orang tahu kalau wortel, buah dan sayuran yang berwarna orange mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena pada jenis makanan yang berwarna orange, kaya akan kandungan beta-karoten yang menjadi bagian dari vitamin A yang sangat bagus bagi retina dan beberapa organ mata lainnya.

Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal wortel sebagai jenis makanan yang kaya manfaat bagi kesehatan mata. Padahal bukan hanya wortel saja, ada beberapa jenis makanan lain yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, diantaranya :

Sayuran hijau

Baca Juga  Penderita Kanker Tidak Hanya Membutuhkan Perawatan Medis Saja, Psikis Juga Penting

Jenis makanan pertama yang kaya manfaat bagi kesehatan mata selain wortel adalah sayuran hijau. Hal ini disebabkan karena sayuran hijau kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin dan beberapa antioksidan yang sangat bagus mencegah terjadinya degenerasi pada makula dan mencegah katarak.

Baca Juga : 5 Fakta Tentang Antioksidan Yang Sangat Bermanfaat

Telur

Makanan kedua yang juga bermanfaat besar bagi kesehatan mata selain wortel adalah telur. Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa pada kuning telur terdapat kandungan utein, zeaxanthin dan seng yang bisa mencegah terjadinya degenerasi makula.

Jeruk dan beri

Baca Juga  Makanan Yang Kaya Akan Kalsium

Deretan ketiga ada jeruk dan beri. Kedua jenis buah-buahan ini kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bagus bagi kesehatan mata. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C nya bisa mencegah terjadinya degenerasi makula dan mencegah katarak.

Kacang almond

Deretan ke empat ada kacang almond yang kaya akan serat dan vitamin E. Kandungan serat dan vitamin E yang tinggi pada kacang almond ternyata bisa mencegah terjadinya degenerasi makula.

Ikan berlemak

Jenis makanan terakhir yang kaya manfaat bagi kesehatan mata selain wortel adalah ikan sebagai sumber lemak yang baik. Ada banyak jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak DHA yang sangat bagus bagi kesehatan mata. Beberapa jenis ikan misalnya tongkol, tuna, makarel dan salmon. Kekurangan DHA pada retina akan bisa menyebabkan sindrom mata kering.

Baca Juga  Alasan Ilmiah Mengunyah Makanan Dengan Pelan Bisa Mencegah Kegemukan

Artikel Terkait : Manfaat Konsumsi Labu Kuning Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *