Deretan Makanan Yang Menyehatkan Ginjal

header niko 728 x 90

manfaat apel bagi ginjal

InspirasiBersama.com – Ginjal yang sehat merupakan salah satu indikator kesehatan seseorang. Hal ini disebabkan karena ginjal termasuk organ vital tubuh yang mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Dengan ginjal yang sehat, maka proses filtrasi cairan dan zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh akan berjalan dengan baik. Untuk mewujudkan ginjal yang sehat, maka kita perlu mengetahui beberapa makanan yang bisa menyehatkan ginjal.

Tips pertama yang harus kita lakukan agar ginjal kita tetap sehat adalah dengan konsumsi air putih yang cukup minimal 2,5 liter/hari. Itu adalah syarat utama agar ginjal berfungsi dengan baik. Selain itu menurut para ahli penting juga mengatur pola makan yang sehat sehingga tidak merusak organ ginjal.

Baca Juga  Tips Mengatasi Kecanduan Kopi Yang Berlebihan

Ada salah satu buah-buahan yang sangat bagus bagi kesehatan ginjal kita, yaitu apel. Sejak dulu banyak orang yang mengatakan bahwa dengan rutin konsumsi apel setiap hari, maka akan membuat kita jarang untuk datang ke dokter alias sakit. Ungkapan ini adalah benar dikarenakan dalam buah apel terdapat banyak kandungan vitamin, serat, hingga kandungan zat anti-inflamasi yang berkhasiat menjaga ginjal kita tetap sehat.

Selain itu, konsumsi apel secara rutin juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Kita tahu bahwa kolesterol jahat menjadi sumber masalah banyak kesehatan dalam tubuh kita. Dengan kadar kolesterol yang normal maka kita akan semakin terlihat sehat. Anda bisa mengkonsumsi apel secara langsung, jus maupun diolah menjadi campuran makanan lain.

Baca Juga  Apakah Benar Jus Jambu Bisa Meningkatkan Trombosit Yang Turun ?

Untuk menyehatkan ginjal, kita tidak hanya dituntut untuk konsumsi buah dan sayuran saja. Dengan konsumsi ikan atau putih telur ternyata mempunyai efek yang baik bagi kesehatan ginjal kita. Kita tahu bahwa ikan banyak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bagus bagi tubuh kita termasuk ginjal. Selain itu konsumsi banyak makanan yang banyak mengandung antioksidan juga sangat bagus bagi kesehatan ginjal kita.

Untuk konsumsi telur yang menyehatkan ginjal, maka kita bisa mengolahnya dengan cara direbus dan bukan digoreng yang memiliki banyak kandungan minyak yang banyak mengandung lemak dan kolesterol.

Yang harus digaris bawahi adalah deretan makanan yang menyehatkan ginjal diatas akan sangat efektif untuk pencegahan daru kerusakan organ ginjal. Apabila saat ini anda sudah terdiagnosa mengalami masalah pada ginjal, maka konsumsi jenis makanan yang kita sebutkan tadi perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter anda. Karena bagi orang yang mengalami gangguan fungsi ginjal tidak disarankan untuk konsumsi buah dan sayuran yang kaya kandungan kalium tinggi yang membuat kerja ginjal semakin menurun.

Baca Juga  Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Ginjal

Artikel Terkait : Penyebab Gagal Ginjal Kronik Bagi Orang Dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *