Dengan Rutin Berolahraga, Maka Gangguan Pendengaran Usia Senja Bisa dihindari

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Selama ini banyak orang mengetahui kalau olahraga sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan berdampak positif bagi kesehatan jantung. Namun ternyata rutin berolahraga bisa mencegah terjadinya gangguan pendengaran saat usia lanjut.

 

Hal ini menjadi sebuah penemuan terbaru yang masih banyak orang belum tahu. Dengan begitu bagi anda yang tidak ingin mengalami gangguan pendengaran saat usia senja, maka disarankan untuk rutin melakukan olahraga mulai sekarang.

manfaat-olahraga

sumber gambar : http://www.jadisehat.net/

Dalam studi terbaru ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari University of Florida yang dilakukan pada tikus. Dari studi tersebut diketahui kalau tikus yang kurang bergerak diketahui mengalami gangguan pendengaran yang terjadi lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang aktif bergerak.

Baca Juga  Apa Tanda Orang Tua Yang Mengalami Depresi ?

 

Diketahui bahwa pada tikus yang kurang bergerak, maka kerusakan sistem pendengaran akan terjadi sampai 20 persen. Kondisi ini akan merusak struktur vital dari organ pendengaran yang terdapat pada telinga.

 

Bagian organ telinga yang terganggu adalah sel rambut dan kapiler strial. Saat seseorang mengalami gangguan pada sel rambut telinga, maka suara yang masuk tidak akan bisa ditangkap dengan maksimal. Hal ini menyebabkan pendengaran menjadi menurun.

Baca Juga  Pengen Tahu Jenis Olahraga Yang Paling disukai Oleh Orang Indonesia ?

Baca Juga : Bahaya Sering Mendengarkan Musik Dengan Keras Bagi Pendengaran

 

Kalau kapiler strial pada sistem pendengaran sangat vital peranannya dalam hal memberikan suplai oksigen kepada banyak organ pendengaran. Dengan adanya suplai oksigen yang baik, maka organ pendengaran akan bisa berfungsi dengan baik.

 

Kalau kedua struktur vital pendengaran tersebut terganggu, maka bisa dipastikan bahwa suara yang ditangkap oleh telinga tidak akan bisa terkirim dengan baik ke otak. Hal ini menyebabkan pendengaran menjadi menurun.

 

Secara alamiah saat seseorang mengalami pertambahan usia, maka akan ada penurunan fungsi termasuk fungsi pendengaran. Namun hal ini bisa kita perlambat dengan cara rutin melakukan olahraga. Jika tidak maka sistem pendengaran kita akan lebih cepat menurun.

Baca Juga  Jangan Suka Anggap Remeh Anak Yang Suka Memotong Pembicaraan Orang Tua

Artikel Terkait : Dampak Negatif Sering Menggunakan Korek Kuping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *