Dengan Rutin Berolahraga Aerobik, Bisa Turunkan Resiko Alzheimer

InspirasiBersama.com – Tahukah anda bahwa dengan rutin berolahraga sampai mengeluarkan keringat yang dilakukan setidaknya empat kali dalam seminggu ternyata sangat baik bagi kesehatan otak dan terbukti bisa mencegah gangguan memori otak.

Bahkan para ahli mengatakan bahwa jika kita bisa rutin melakukan olahraga aerobik setidaknya 30 menit setiap hari, maka bisa mencegah kita terhadap resiko Alzheimer. Jenis olahraga yang bisa anda lakukan mulai dari treadmill, bersepeda, atau jenis olahraga aerobik lainnya.

manfaat-treadmill

sumber gambar : www.pinterest.com

Menurut para pakar kesehatan otak mengatakan bahwa dengan rutin berolahraga aerobik bisa mencegah terjadinya kerusakan kognitif ringan atau dikenal dengan Mild Cognitive Impairment (MCI) pada otak yang bisa memicu dimensia yang berujung pada Alzheimer.

Baca Juga  Dampak Negatif Merokok Bagi Wanita Bisa Menurunkan Kecantikan

Dari hasil sebuah studi disebutkan bahwa seseorang yang bisa melakukan rutin berolahraga aerobik, maka saat dilakukan sebuah scan otak terjadi sebuah peningkatan volume pada bagian otak tertentu. Hasil ini lebih besar dibandingkan dengan hanya rutin melakukan olahraga peregangan.

Menurut para ahli mengatakan bahwa seseorang yang dengan MCI memiliki resiko yang lebih besar mengalami dimensia atau bahkan Alzheimer. Hal ini banyak terjadi di negara Inggris yang jumlahnya mencapai 850.000 orang.

Banyak para pakar kesehatan yang mengatakan bahwa melakukan olahraga aerobik terbukti paling baik dalam hal melakukan sebuah perubahan yang besar pada otak terutama dalam hal memori.

Baca Juga  Melakukan Kegiatan Yang Menyenangkan Bisa Mencegah Penurunan Daya Ingat

Baca Juga : Mengkonsumsi Yogurt Bisa Meningkatkan Ketajaman Ingatan

Bukan berarti jenis olahraga selain aerobik tidak memberi banyak manfaat bagi kesehatan otak, namun para pakar kesehatan sangat merekomendasikan untuk jenis olahraga aerobik untuk mendapatkan perubahan pada kemampuan otak.

Dalam sebuah hasil penelitian yang lain menyebutkan kalau sebuah kelompok orang yang melakukan rutin olahraga aerobik akan mengalami perubahan luas area abu-abu pada otak dan juga bagian otak yang bernama lobus temporal. Hal ini sangat mendukung sekali dalam hal kemampuan memori otak.

Baca Juga  Tindakan Segera Yang Harus dilakukan Saat Terjadi Serangan Jantung

Disamping itu jika menilai jenis olahraga yang dihubungkan dengan kemampuan kognitif otak, maka melakukan olahraga aerobik memiliki hubungan yang lebih besar terhadap kemampuan kognitif otak. Sedangkan bagi mereka yang rutin melakukan olahraga peregangan tidak mengalami perbaikan.

Artikel Terkait : Perbedaan Antara Otak Kanan dan Kiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *