Dengan Makan Malam Sebelum jam 7 Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Menurut para pakar kesehatan jantung mengatakan bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, maka sangat disarankan untuk tidak makan malam melebihi pukul 19.00. Hal ini disebabkan pada saat tersebut tubuh kita sudah mendekati waktu tidur.

 

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau seseorang sedang melakukan tidur atau istirahat, maka secara alami akan menurunkan tekanan darah sampai 10 persen. Namun jika seseorang melakukan makan malam pada saat dua jam sebelum tidur, maka jika orang tersebut mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, meskipun sudah melakukan tidur pada malam hari tekanan darah yang tinggi tidak akan mengalami penurunan.

makan-malam-sebelum-jam-7

sumber gambar : taysbakers.com

Kita tahu bahwa penyakit jantung sangat erat kaitannya dengan tekanan darah yang tinggi. Saat seseorang mengalami tekanan darah yang tinggi, maka akan beresiko besar untuk mengalami serangan jantung yang bisa berujung pada kematian.

Baca Juga  Mengapa Saat Kita Mengalami Demam Banyak Sekali Mengeluarkan Keringat ?

Baca Juga : Tips Agar Terhindar Dari Serangan Jantung dan Stroke

 

Bahkan para peneliti mengatakan bahwa resiko tersebut akan jauh lebih berat bagi mereka yang suka makan pada saat larut malam. Jika hal ini sering dilakukan, maka bisa meningkatkan resiko yang jauh lebih besar untuk mengalami tekanan darah tinggi yang memicu serangan jantung.

 

Secara alamiah, saat sudah masuk malam hari maka tubuh kita akan mempersiapkan diri untuk lebih rileks menyongsong istirahat atau tidur. Namun jika ternyata kita melakukan makan malam lebih pukul 19.00, maka tubuh kita akan kembali bekerja yang seharusnya sudah rileks.

 

Bahkan para pakar mengatakan bahwa saat seseorang sering mengalami tekanan darah yang tinggi, maka bukan hanya penyakit jantung saja yang mudah datang tetapi beberapa penyakit pembuluh darah seperti stroke dan beberapa penyakit berbahaya lainnya juga akan mudah datang.

Baca Juga  Temukan Lima Jenis Makanan Yang Membuat Pria Sulit Ereksi

 

Meskipun demikian, bukan berarti larangan makan malam melebihi pukul 19.00 hanya untuk mereka yang mempunyai riwayat hipertensi saja, namun bagi kita yang masih sehat juga harus memperhatikan hal ini. Jika sering kita lakukan makan malam melebihi jam 19.00, bukan tidak mungkin kita juga mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

Untuk menghindari makan malam lebih dari jam 19.00, maka para pakar sangat menyarankan kepada kita untuk melatih makan secara teratur. Jangan suka melakukan menunda makan atau tidak melakukan sarapan pagi. Selain itu disarankan untuk tidak banyak melakukan ngemil yang membuat jadwal makan menjadi mundur.

Baca Juga  Cara Mengetahui Detak Jantung Normal Anda Saat Istirahat

 

Saat seseorang sering melakukan menunda atau tidak sarapan pada pagi hari, maka secara tidak langsung akan mendorong kita untuk makan lebih banyak pada siang harinya. Tidak berhenti sampai disitu saja, perilaku seperti itu juga mendorong kita untuk banyak melakukan ngemil makanan. Kita tahu bahwa kebanyakan orang melakukan ngemil makanan yang terbilang kurang sehat. Yang pada akhirnya akan membuat jadwal makan malam kita menjadi mundur melebihi jam 19.00.

Artikel Terkait : Efek Dari Kurang Tidur Juga Tidak Baik Bagi Kesehatan Jantung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *