Dengan Berdisiplin Waktu Maka Bisa Mengatasi Gangguan Tidur

header niko 728 x 90

disiplin waktu tidur

InspirasiBersama.com – Belakangan ini banyak orang yang mengalami gangguan tidur. Mereka juga kerap menggunakan obat untuk membantu agar tidur mereka bisa pulas. Padahal secara kesehatan hal ini sangat tidak bagus karena bisa menimbulkan efek kecanduan. Ada tips yang alami yang bisa mengatasi gangguan tidur yaitu dengan menerapkan disiplin waktu.

Sering kali kita juga menjumpai seseorang yang melakukan perawatan fisik hanya untuk mendapatkan kualitas tidur pada malam hari. Namun kenyataannya banyak orang yang masih tetap mengalami gangguan tidur. Anda harus belajar untuk rileks agar bisa berhasil dalam mengatasi gangguan tidur.

Banyak orang yang terlalu disibukkan dengan urusan pekerjaan sehingga sering mengalami gangguan tidur. Mereka sering melupakan hal sepele yang bisa berdampak positif bisa mengatasi masalah tidur anda. Misalnya menyempatkan waktu untuk sekedar menghirup udara segar pada pagi hari. Tanpa kita berusaha untuk berhenti dari kepenatan, maka kita akan selamanya mengalami gangguan tidur atau insomnia.

Baca Juga  Dampak Negatif Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa

Yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan mental kita. Saat kita terlalu banyak fikiran tentang urusan pekerjaan, maka kita akan beresiko tinggi mengalami gangguan tidur. Yang harus dilakukan adalah jangan banyak memikirkan sesuatu yang tidak akan bisa selesai jika kita hanya memikirkannya. Saat pikiran kita sudah bisa tenang, maka dengan sendirinya masalah gangguan tidur akan bisa teratasi.

Ada sebagian orang yang mengaku mengalami gangguan tidur yang disebabkan oleh perilaku penggunaan barang elektronik sebelum tidur. Misalnya kegiatan browsing di internet, chatting, sosial media yang terkadang kita tidak terasa kalau sudah larut malam. Jika kita mempunyai kebiasaan ini maka bisa dipastikan kita tidak akan pernah merasakan tidur yang nyenyak. Selain itu pancaran radiasi cahaya pada gadget yang kita gunakan juga mempengaruhi kualitas hormon melatonin.

Baca Juga  Mengapa Saat Ejakulasi Tidak Mengeluarkan Sperma ?

 
Dalam menyikapi hal ini, maka sebaiknya kita sadar bahwa waktu yang diberikan oleh Tuhan selama 24 jam adalah waktu yang cukup untuk kita bagi antara kegiatan pekerjaan, kesenangan dan istirahat.

Yang harus kita lakukan adalah berdisiplin. Artinya dalam sehari ada 24 jam yang bisa kita bagi dan manfaatkan dengan benar. Misalnya delapan jam untuk bekerja, delapan jam untuk kesenangan dan delapan jam sisanya untuk istirahat tidur. Jangan sering melakukan pekerjaan pada jam-jam yang seharusnya kita manfaatkan untuk tidur, misalnya bekerja sampai larut malam.

Baca Juga  Bisakah Anak Bertahan Terhadap Infeksi Tanpa Melakukan Vaksinasi ?

Sebenarnya cara mengatasi gangguan tidur atau insomnia tidak serumit dan sesusah yang kita bayangkan. Cukup hanya belajar berdisiplin waktu saja maka kita bisa mengatasi insomnia secara alami tanpa menggunakan terapi atau obat-obatan tertentu yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Artikel Terkait : Bahaya Sering Menggunakan Obat Tidur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *