Dampak Sering Mengkonsumsi Antibiotik Meningkatkan Resiko Kanker Usus

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat kita yang selalu ingin diberikan resep antibiotik saat sakit. Mereka beranggapan bahwa dengan adanya obat antibiotik, maka proses penyembuhan penyakitnya akan menjadi lebih cepat. Padahal perlu diketahui bahwa tak semua penyakit memerlukan antibiotik dalam mengatasinya.

 

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan obat antibiotik ?. Obat antibiotik adalah jenis obat yang bertujuan untuk menghentikan dan membunuh mikroorganisme yang masuk dalam tubuh kita dan bersifat berbahaya.

sumber gambar : amazonaws.com

Apa yang akan terjadi jika kita sering mengkonsumsi obat antibiotik ? Dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa sering mengkonsumsi antibiotik selama 15 hari atau bahkan lebih secara rutin akan memicu tumbuhnya sel kanker pada usus.

Baca Juga  Suka Merokok Membuat Kulit Kusam dan Cepat Tua

 

Penggunaan antibiotik juga tidak lepas dengan efek samping. Ada beberapa efek samping yang bisa muncul akibat konsumsi antibiotik dalam jangka waktu yang lama seperti munculnya jerawat dan penyakit TBC.

 

Dalam penelitian tentang efek buruk konsumsi antibiotik dalam jangka waktu yang lama ditemukan bahwa cukup hanya dalam waktu 2 bulan mengkonsumsi antibiotik secara rutin, maka meningkatkan resiko kanker usus sebesar 36 persen. Kondisi ini terjadi pada mereka yang berusia 20 sampai 39 tahun.

Baca Juga  Waspada Gejala Gagal Ginjal Dengan Melihat Wajah dan Kulit

 

Sedangkan mereka yang berusia 40 sampai 59 tahun yang sering mengkonsumsi antibiotik meningkatkan resiko kanker usus sampai 69 persen. Oleh karena itu penggunaan obat antibiotik tidak boleh sembarangan tanpa resep dokter. Sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda jika mau mengkonsumsi obat antibiotik.

Artikel Terkait : Ingat ! Tak Semua Penyakit Perlu Antibiotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *