Dampak Sering Konsumsi Makanan Berlemak Bisa Menyebabkan Kecanduan

header niko 728 x 90

suka makan berlemak

InspirasiBersama.com – Menurut pendapat seorang profesor bidang terapetik molekuler dari Florida yang bernama Paul J. Kenny, Ph.D mengatakan saat seseorang sering mengkonsumsi narkoba atau makanan yang berlemak akan sama-sama memberikan efek pada bagian otak untuk mengaktifkan efek kesenangan. Hal inilah yang menyebabkan sering konsumsi makanan berlemak bisa menyebabkan kecanduan seperti halnya narkoba.

Menurut Kenny, saat seseorang mempunyai kebiasaan makan makanan secara berlebih maka sebenarnya itu lebih dari sebuah keinginan belaka, tetapi lebih disebabkan oleh adanya sistem otak yang bekerja secara overaktif.

Sebelum menyimpulkan bahwa makanan berlemak bisa memberikan efek kecanduan, para peneliti telah melakukan sebuah studi yang melibatkan tiga kelompok tikus yang memiliki kesamaan dengan manusia. Para peneliti melakukan pengamatan selama 40 hari.

Baca Juga  Tips Mencegah Gangguan Pendengaran Saat Menyelam

Tikus tersebut dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama para peneliti memberikan menu makanan yang biasa saja. Pada kelompok tikus yang kedua para peneliti memberikan makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori. Pada kelompok tikus yang ke tiga, para peneliti memberikan keleluasaan pada tikus untuk makan apa saja.

Setelah dilakukan pengamatan selama 40 hari, ternyata kelompok tikus yang ke dua yang diberikan menu makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori mayoritas memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas. Setelah dilakukan dilakukan pengamatan lebih lanjut pada otak tikus, ternyata otak mereka memiliki sifat toleran terhadap jenis makanan yang berlemak dan cenderung untuk ketagihan.

Baca Juga  Bahaya Jika Sering Merasa Kesepian

Tidak cukup pada situ saja, para peneliti juga melanjutkan studi dengan memberikan efek kejut kepada para tikus. Hasilnya pada tikus golongan dua, mereka cenderung tidak takut saat peneliti memberikan efek kejut saat mereka mendekati makanan. Berbeda dengan kelompok tikus yang lainnya yang merasa takut dan tidak mau makan lagi. Pada tikus golongan ke dua, mereka seakan-akan tidak kapok saat peneliti memberikan efek kejut saat mau makan. Mereka terus berulang untuk mencoba makan.

Baca Juga  Banyak Makan Serat Bermanfaat Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Dari hasil penelitian tersebut memberikan gambaran kepada kita bahwa kebiasaan suka makan makanan yang berlemak akan bisa menimbulkan efek kecanduan seperti kalau konsumsi narkoba. Selain itu mereka yang suka makan berlemak akan beresiko tinggi mengalami kenaikan berat badan atau obesitas.

 

Artikel Terkait : Jenis Makanan Yang Membuat Kecanduan dan Obesitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *