Dampak Pemanasan Global Terhadap Kesehatan

header niko 728 x 90

dampak pemanasan global

InspirasiBersama.com – Salah satu dampak dari pemanasan global adalah adanya perubahan iklim yang ekstrim. Dengan perubahan iklim yang ekstrim maka bisa berdampak negatif terhadap kesehatan kita. Bahkan berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan akibat pemanasan global maka manusia akan mengalami kekurangan air bersih, sumber makanan yang sehat dan lingkungan tempat tinggal yang sehat.

Bahkan prediksi pada tahun 2030 – 2050 akan banyak angka kematian akibat pemanasan global. Diprediksi angka kematian pertahun mencapai 220 ribu jiwa yang kebanyakan disebabkan oleh penyakit, malnutrisi dan suhu udara yang panas.

 

Pemanasan global

Kegiatan manusia akan pembakaran fosil berupa batu bara dan minyak bumi banyak berpengaruh terhadap pemanasan global. Dengan kegiatan pemanasan ini akan berakibat banyaknya pelepasan karbondioksida dan emisi lain yang merusak lapisan atmosfir bumi sehingga akan berdampak pada pemanasan global.

Baca Juga  Penyebab Rambut Yang Tumbuh di Area Payudara dan Bagian Tubuh Yang Lain

Bahkan selama 130 tahun terakhir terhitung sejak tahun 1850, bumi telah mengalami kenaikan suhu sekitar 0,85 derajat celcius. Dengan meningkatnya suhu bumi berakibat perubahan cuaca yang ekstrem, es kutub menjadi mencair dan naiknya permukaan air laut.

 

Dampak pemanasan global terhadap kesehatan

Saat terjadi pemanasan global yang membuat perubahan iklim yang ekstrim, maka dampaknya akan menurunkan kualitas kesehatan manusia. Manusia akan banyak kekurangan air bersih dan udara yang sehat. Dengan demikian akan banyak angka penderita penyakit mulai dari diare, paru-paru sampai kanker.

Baca Juga  Beberapa Tips Diet Yang Sudah Tidak Relevan Lagi

Untuk mengatasi lingkungan yang ektrim seperti sekarang ini kita harus ekstra protektif terhadap kesehatan kita. Misalnya sering menggunakan masker saat bepergian, tidak konsumsi makanan sembarangan, serta rajin melakukan olahraga. Selain itu kita juga harus menciptakan lingkungan yang bersih dan asri dengan banyak menanam pohon untuk memperbaiki suhu lingkungan rumah kita.

 

Suhu ekstrim

Saat terjadi suhu yang ekstrim akibat pemanasan global, maka akan meningkatkan angka kematian manusia yang menderita penyakit jantung terutama bagi para orang tua. Hal itu terjadi pada tahun 2003 saat gelombang panas melanda Eropa, setidaknya ada sekitar 70.000 orang meninggal.

Baca Juga  Manfaat Sering Membacakan Dongeng Kepada Anak Bisa Memberikan Pelajaran Yang Baik

Suhu udara yang tinggi akan berpengaruh besar pada kesehatan mulai dari penyakit jantung dan pernapasan. Tentu ini semua diakibatkan oleh kerusakan atmosfer bumi akibat emisi karbon.

 

Artikel Terkait : Berapa Lama Seseorang Bisa Bertahan Tanpa Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *