Dampak Negatif Suka Menggigit Kuku

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi sebagian orang yang mempunyai kebiasaan suka menggigit kuku, kebiasaan ini terbilang menyenangkan. Namun tahukah kita bahwa hal ini berdampak negatif bagi kesehatan.

 

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan suka menggigit kuku berdampak buruk bagi kesehatan. Kebiasaan ini meningkatkan resiko penularan berbagai macam penyakit seperti flu.

sumber gambar : http://www.tahupedia.com

Bukan hanya itu saja, suka menggigit kuku juga meningkatkan resiko terkena paronnychia atau lebih dikenal dengan infeksi yang kerap terjadi pada area kuku.

Baca Juga  Inilah Manfaat Rutin Melakukan Cek Tekanan Darah Bagi Kesehatan

 

Kondisi ini ditandai dengan munculnya kemarahan serta adanya pembengkakan pada kulit area kuku yang disertai dengan adanya rasa nyeri. Pada kondisi ini akan ada banyak bakteri atau jamur yang terdapat sekitaran kuku.

 

Dampak buruk lain suka menggigit kuku adalah akan menyebabkan bentuk kuku akan menjadi kurang baik atau aneh. Kondisi ini bisa berlangsung secara sementara atau bahkan permanen.

 

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa ada sebagian orang yang suka menggigit kukunya ? Bahkan saat kita tanya ini sudah menjadi sebuah kebiasaan rutin. Ternyata menurut para pakar suka menggigit kuku bisa disebabkan karena adanya stres. Banyak orang memilih cara tersebut untuk menghilangkan stres yang terjadi.

Baca Juga  Benarkah Stres Bisa Mempengaruhi Kesehatan Kulit Kita ?

 

Bagi anda yang sampai saat ini mempunyai kebiasaan suka menggigit kuku, sebaiknya segera menghentikannya. Anda bisa melampiaskan kebiasaan ini dengan memanfaatkan benda lain untuk digunakan disaat anda stres. Misalnya saja anda memutar cincin atau bermain dasi anda yang tidak memiliki dampak negatif terhadap kesehatan.

Artikel Terkait : Benarkah Dengan Menggigit Pensil Bisa Membantu Meredakan Sakit Kepala?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *