Dampak Negatif Orangtua Sering Depresi Bisa Mempengaruhi Prestasi Anak di Sekolah

header niko 728 x 90

dampak orang tua yang depresi bagi anak

InspirasiBersama.com – Pernahkah kita berfikir kalau menurunnya prestasi akademik anak bisa disebabkan oleh orang tua yang sering depresi. Depresi memang memiliki dampak negatif yang cukup luas disamping bagi kesehatan. Hal ini sesuai hasil penelitian yang dirilis oleh JAMA Psychiatry yang menyatakan bahwa jika orang tua (ibu atau ayah) mengalami depresi maka bisa berdampak negatif bagi prestasi akademik anak di sekolah.

Penelitian ini dilakukan di negara Swedia dengan melibatkan 1,1 juta anak yang mereka amati sampai dengan usia 16 tahun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki orang tua depresi cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih buruk dibandingkan dengan anak yang memiliki orang tua tidak depresi atau bahagia.

Baca Juga  Solusi Hidup Sehat Alami

Penelitian juga menyebutkan bahwa seorang ibu yang mengalami depresi mempunyai pengaruh yang lebih besar kepada prestasi akademik anak dibandingkan dengan seorang ayah yang mengalami depresi. Disamping itu resiko penurunan prestasi belajar lebih besar terjadi pada anak perempuan daripada laki-laki.

Mengapa hal ini bisa terjadi ?. Saat orang tua mengalami depresi maka mereka akan sulit untuk memberikan perhatian terhadap belajar anak, kegiatan sekolah anak dan kegiatan sosial anak. Hal ini disebabkan orang tua hanya sibuk dengan masalah yang membuatnya depresi.

Baca Juga  Lebih Sehat Mana Antara Susu Kacang dan Susu Sapi ?

Dengan melihat hasil penelitian ini maka para pakar menyarankan pentingnya untuk mempunyai mental yang sehat. Depresi termasuk dalam gangguan pada mental seseorang. Jika anda ingin mempunyai anak yang mempunyai masa depan yang baik di masa depan, maka sebagai orang tua tidak boleh memiliki sifat depresi. Apabila saat ini anda merasa mengalami depresi, maka sebaiknya anda segera berusaha untuk keluar dari zona depresi yang bisa merusak prestasi akademik anak kita.

Untuk mengatasi depresi secara alami anda bisa melakukan olahraga secara teratur setiap hari. Saat kita berolahraga maka ada peningkatan hormon yang membuat suasana hati kita menjadi lebih bahagia dan tenang. Disamping rajin berolahraga, anda juga bisa mengatasinya dengan lebih mendapatkan siraman rohani agar hati kita lebih damai dan tenang. Semoga bermanfaat

Baca Juga  Mengapa Banyak Orang Yang Tak Sadar Kalau Punya Masalah Jantung

Artikel Terkait : Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Mampu Redakan Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *