Dampak Negatif Jika Tubuh Jarang Bergerak

header niko 728 x 90

dampak malas berolahraga

Setiap orang pastinya menginginkan tubuh yang sehat. Kunci dari tubuh sehat adalah selain asupan makanan juga aktivitas gerak tubuh ikut mempengaruhi. Berdasarkan sebuah penelitian mengungkapkan orang yang jarang atau malas melakukan aktivitas fisik, maka akan beresiko terkena beberapa penyakit diantaranya jantung dan otak.

Selain bisa memicu beberapa penyakit, jarang melakukan gerak juga akan membuat tulang kita menjadi lemah sehingga rentan akan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Banyak kita mendengar dan melihat ada orang yang kegiatan dalam seharinya cuman duduk depan komputer, nonton tv, maen game dan lebih banyak tidur.

Yang harus dilakukan agar tubuh kita sehat adalah banyak melakukan gerak atau olahraga. Olahraga secara teratur akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bersemangat. Lakukan olahraga setodaknya 150 menit dalam seminggu. Dengan banyak melakukan olahraga secara teratur maka akan bisa mencegah kita terhadap macam-macam penyakit.

Baca Juga  Penyebab Anak Kecil Tiba-Tiba Terbangun Pada Malam Hari dan Menangis

Berikut beberapa dampak negatif jika tubuh jarang bergerak :

Stres
Penyakit pertama yang rentan terjadi saat kita malas beegerak adalah kita akn mudah mengalami stress. Padahal stress adalah awal dari munculnya banyak penyakit. Saat orang stress maka daya tahan tubuh akan mengalami penurunan, sehingga akan rentan terjadinya penyakit. Dengan rutin melakukan olahraga, maka banyak hormon endorfin yang keluar sehingga membuat hati kita menjadi bahagia dan terhindar dari stress.

Gangguan tidur
Tahukah kita dengan banyak melakukan aktivitas fisik atau berolahraga maka akan membuat tidur malam kita menjadi lebih nyenyak. Hal ini terjadi karena ada pelepasan hormon saat berolahraga yang membuat kita lebih njyenyak saat tidur malam.
Metabolisme lambat
Dampak dari metabolisme tubuh yang lambat adalah kita akan mengalami obesitas atau kegemukan. Saat kita malas beraktivitas maka akan memicu perlambatan metabolisme tubuh. Berbeda saat kita banyak melakukan aktivitas, maka akan lebih cepat terjadinya metabolisme tubuh.
Tekanan darah tinggi
Apabila kita jarang melakukan gerak fisik, maka akan membuat tekanan darah kita menjadi lebih tinggi. Padahal tekanan darah tinggi adalah penyebab penyakit yang berbahaya seperti jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Dengan kita banyak gerak maka sirkulasi darah kita akan menjadi lebih lancar, sehingga tekanan darah menjadi normal.
Tulang lemah

Baca Juga  Sedih Karena Belum Punya Pacar ? Ternyata Ada 10 Keuntungan Tidak Mempunyai Pacar

Saat orang jarang melakukan gerak, maka tulangnya akan menjadi lemah. Saat itu akan memunculkan resiko terkena penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang yang membuat kita tidak kuat untuk berjalan.

 

Artikel Terkait : Manfaat Olahraga Secara Teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *