Dampak Negatif Anak Yang Mendapatkan Banyak PR di Sekolah

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat seorang anak tidak banyak mendapatkan PR dari sekolah, maka anak akan bisa melakukan banyak hal sepulang sekolah. Hal ini tentu berbeda saat sang Guru terlalu banyak memberikan PR pada anak.

Meskipun demikian tidak semua anak yang tidak banyak mendapatkan PR dari sekolah bisa bermain sepulang sekolah. Sebagian anak justru ada yang memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Pertanyaannya adalah bahayakah anak yang terlalu banyak pekerjaan di rumah ?

sumber gambar : http://www.pendidikankarakter.com

Menurut sebuah Asosiasi Pendidikan National di AS menyarankan kepada para orang tua untuk hanya memberikan waktu 10 menit kepada anak kelas 1 SD untuk melakukan pekerjaan rumah. Sedangkan untuk anak yang sudah kelas 2, bisa 20 menit. Kondisi ini berlaku kelipatannya.

Berikut dampak buruk jika anak terlalu banyak pekerjaan rumah terhadap kesehatannya :

Baca Juga  Ada 3 Hal Yang Bisa Menyebabkan Pasangan Malas Bercinta

1. Pekerjaan rumah bisa memengaruhi berat badan

Dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa seorang anak yang mendapatkan banyak tugas rumah yang menghabiskan waktu selama 30 menit, maka meningkatkan resiko stres pada anak. Kondisi ini bisa memicu anak menjadi gemuk.

Hal ini disebabkan karena saat seseorang merasa stres, maka hormon yang keluar adalah hormon yang bisa memicu nafsu makan yang lebih banyak. Kondisi ini sama terjadi pada anak-anak.

2. Pekerjaan rumah dapat menyebabkan masalah fisik

Dalam sebuah studi yang lain yangt dilakukan oleh Stanford University menybutkan bahwa seorang anak remaja yang harus menyelesaikan pekerjaan rumah sampai 3 jam sehari, maka akan memicu stres dan menyebabkan anak kurang tidur.

Saat mereka kurang tidur, maka akan memicu berbagai masalah kesehatan fisik seperti resiko kecelakaan lalu lintas, resiko depresi, sistem imun tubuh yang menurun dan penyalagunaan obat terlarang.

Baca Juga  Cara Baru Mendapatkan Momongan Telah Ditemukan

Baca Juga : Tips Membuat Anak Mau Tidur Setelah Pulang Sekolah

3. Pekerjaan rumah yang terlalu banyak juga memengaruhi seluruh keluarga

Saat ada salah satu anggota keluarga kita yang sedang sakit, maka tentu semua anggota keluarga akan ikut stres. Kondisi ini tentu sangat mempengaruhi kehidupan keluarga anda.

Agar pekerjaan rumah lebih bermanfaat

Sudah jelas bahwa berdasarkan beberapa studi menyebutkan bahwa pekerjaan rumah yang berlebihan kepada anak memberikan pengaruh yang buruk baik bagi kesehatan fisik maupun mental anak. Kondisi ini tentu juga berpengaruh pada kinerja akademik anak.

Oleh karena itu sangat disarankan kepada para orang tua untuk ikut aktif dalam sebuah perkumpulan antara orang tua murid dengan para guru (POMG).

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar ?

Dalam forum tersebut para orang tua bisa menceritakan bagaimana jika seorang anak banyak mendapatkan PR dari sekolah. Dengan begitu orang tua bisa mengusulkan jumlah PR ideal bagi seorang anak.

Apabila kesepakatan ini tidak didapatkan, maka disarankan kepada para orang tua untuk tetap memberikan waktu yang cukup bagi anak untuk bermain. Kegiatan bermain fisik yang cukup bagi anak akan sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental anak.

Artikel Terkait : 3 Cara Menghindarkan Anak Dari Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *