Dampak Kurang Minum Juga Bisa Menyebabkan Kita Gemuk

header niko 728 x 90

obesitas dan kurang minum

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa dampak kurang tidur juga bisa menyebabkan kita menjadi gemuk. Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa untuk menjaga berat badan tetap ideal, maka kita harus memperhatikan asupan air. Studi ini telah dilakukan oleh ilmuwan dengan melibatkan 10.000 orang.

Selain itu menurut seorang dokter peneliti yang bernama Dr Tammy Chang yang berasal dari University of Micchigan Medical School mengatakan bahwa jika seseorang mengalami kurang asupan air, maka akan menyebabkan indeks massa tubuh yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang cukup minum. Hal ini menunjukkan bahwa kurang minum erat kaitannya dengan resiko obesitas.

Baca Juga  Mengapa Wanita Lebih Mudah Cemas ?

Bagi seseorang dewasa, indeks massa tubuh normalnya adalah 28. Namun berdasarkan hasil studi mereka yang kurang minum ternyata lebih banyak memiliki indeks 29. Indeks massa tubuh ini tergolong dalam mengalami kelebihan berat badan. Sedangkan yang dikatakan obesitas jika indeks mencapai 30.

Ada banyak keuntungan kalau kita melakukan minum yang cukup. Saat kita minum air putih secara cukup, maka akan memberikan efek tidak lapar pada perut kita. sedangkan kalau kita kurang minum akan bisa mengindikasikan rasa lapar yang memicu kita untuk banyak konsumsi makanan yang memicu obesitas.

Baca Juga  Tidak dianjurkan Menggunakan Pasta Gigi Untuk Perawatan Wajah

Untuk jenis cairan yang disarankan oleh peneliti adalah air putih. Kalau kita banyak mengkonsumsi kopi dan jenis minuman berkafein lainnya, maka justru akan memicu diuretik atau banyak mengeluarkan kencing yang memicu kita untuk mengalami dehidrasi.

Lantas bagaimana caranya kita mengetahui kalau tubuh kita kekurangan cairan atau tidak ?. Caranya adalah cukup mudah, saat kita buang air kecil amati warna air kencing kita. Kalau warnanya kuning pekat, maka itu tandanya kalau kita mengalami dehidrasi. Tetapi jika warnanya kuning jernih, maka asupan cairan dalam tubuh kita cukup.

Baca Juga  Makanan dan Minuman Sangat Menentukan Kecerdasan Otak Seseorang

Artikel Terkait : Jika Sering Nyeri Pinggang Coba Minum Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *