Dampak Kesehatan Jika Suka Malas-Malasan Saat Akhir Pekan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi kamu yang setiap harinya harus bekerja, maka akhir pekan memang saat yang paling ditunggu. Setelah setiap hari sibuk bekerja membanting tulang dan pikiran, maka saat akhir pekan tak jarang orang hanya ingin malas-malasan atau banyak istirahat di rumah.

sumber gambar : rakyatku.com

Ternyata kebiasaan yang seperti itu kurang baik bagi kesehatan. Ada beberapa dampak buruk bagi kesehatan jika kita suka malas-malasan saat akhir pekan, diantaranya :

Menyebabkan sembelit
Dampak yang pertama adalah bisa memicu sembelit. Hal ini diakibatkan gerak yang kurang dilakukan oleh tubuh kita. Biasanya saat kita akhir pekan dan malas-malasan di rumah, maka kita hanya melakukan aktivitas tidur, nonton tv, main gadget dan duduk santai di sofa. Kondisi ini ternyata bisa mempengaruhi kesehatan usus sehingga memicu sembelit.

Baca Juga  Penyebab Seorang Ayah Mempunyai Perhatian Yang Lebih Besar Pada Anak Perempuan

Menyebabkan migrain
Bagi anda yang justru sering kali merasa migrain saat akhir pekan, bisa jadi disebabkan karena suka malas-malasan saat akhir pekan. Saat kita menjadi orang yang malas-malasan, maka kita akan cenderung mudah mengantuk dan tertidur. Jika kita tidur dalam jangka waktu yang yang terlalu lama, maka bisa menyebabkan munculnya migrain atau sakit kepala.

Asam lambung naik
Dampak kesehatan ketiga jika kita suka malas-malasan saat akhir pekan adalah bisa memicu naiknya asam lambung. Hal ini dibenarkan olah salah seorang pakar kesehatan dunia yang bernama Steve Mann yang menyebutkan bahwa kegiatan malas-malasan hanya duduk santai di sofa justru bisa membuat asam lambung naik masuk ke tenggorokan. Kondisi ini diperburuk saat kita malas-malasan biasanya juga disertai dengan ngemil makanan yang kurang sehat.

Baca Juga  Resiko Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Garam

Lebih mudah jatuh sakit
Ujung dari suka malas-malasan saat akhir pekan adalah akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi turun yang memudahkan infeksi penyakit masuk. Menurut para pakar kesehatan, saat seseorang aktif bekerja setiap hari, maka membuat produksi hormon adrenalin menjadi lebih meningkat. Kondisi inilah yang membuat sistem daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Berbeda saat kita libur saat akhir pekan yang membuat kita cenderung malas-malasan.

Baca Juga  Tips Agar Tampil 10 Tahun Lebih Muda dari Usia 52 Tahun

Artikel Terkait : Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *