Dampak Jika Sirkulasi Darah Kita Buruk

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang tahu kalau sirkulasi darah yang baik akan membuat tubuh kita sehat secara umum. Hal ini memang benar, sirkulasi darah menjadi hal utama sehatnya banyak organ dalam tubuh termasuk jantung dan otak. Bila terjadi kerusakan pada salah satu organ tubuh, maka akibatnya bisa fatal dan mengganggu kesehatan secara umum.

Secara umum berbagai organ dalam tubuh manusia mempunyai keterkaitan satu sama lain. Artinya jika salah satu organ mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh terhadap organ tubuh yang lain.

sumber gambar : http://sehatdokter.com/

Berikut beberapa dampak jika sirkulasi darah kita buruk :

1. jantung
Organ tubuh pertama kali yang merasakan dampak jika sirkulasi darah tidak lancar atau buruk adalah jantung. Kondisi ini bisa membuat jantung minim suplai oksigen yang memicu serangan jantung dan kerusakan pada otot-otot jantung. Selain itu aliran darah yang buruk juga bisa membuat aliran darah tersumbat yang disebabkan karena munculnya plak.

Baca Juga  Ini Alasan Saat Kita Berciuman Cenderung Memejamkan Mata

Baca Juga : Alasan Mengapa Orang Yang Darah Tinggi Kepalanya Pusing

2. Otak
Aliran darah yang buruk akan berujung pada suplai darah dan oksigen ke otak terganggu. Akibatnya otak menjadi kekurangan oksigen sehingga menyebabkan kepala menjadi pusing, sakit kepala, badan terasa lelah dan kemampuan memori yang menurun.

3. Kaki
Mungkin anda juga termasuk orang yang sering merasakan kaki terasa kram, nyeri, kesemutan dan varises. Kondisi ini bisa disebabkan karena aliran darah yang mengarah ke kaki terhambat. Untuk mengatasinya anda perlu melakukan peregangan pada kaki.

Baca Juga  Efek Sunat Dilakukan Pada Saat Dewasa

4. Ginjal
Dampak ke empat jika sirkulasi darah buruk pada tubuh adalah efeknya bisa ke ginjal. Kita tahu bahwa ginjal merupakan organ vital yang mempunyai peranan sangat penting dalam tubuh. Jika aliran darah terganggu, maka menyebabkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dan mengeluarkan racun menjadi menurun. Kondisi ini bisa menyebabkan tangan dan kaki kita menjadi odema atau bengkak karena penumpukan cairan.

5. Hati
Organ kelima tubuh yang terganggu jika aliran darah buruk adalah hati. Hati juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia. Hati berhubungan erat dengan produksi empedu yang erat kaitannya dengan kesehatan pencernaan. Jika hati mengalami gangguan, maka bisa menyebabkan kulit kita berubah menjadi ikterus atau kekuningan.

Baca Juga  Buah dan Sayuran Tertentu Bisa Juga Memicu Peningkatan Berat Badan

Untuk membuat agar sirkulasi tubuh menjadi lancar, maka penting untuk memperhatikan pola makan dan gaya hidup. Kita harus lebih banyak makan sayur dan buah serta rutin olahraga. Namun hal itu tidak akan cukup jika kita tetap saja mempunyai gaya hidup yang buruk seperti merokok, obesitas, sering mengalami stres, kolesterol yang tinggi dan darah tinggi.

Artikel Terkait : Beberapa Makanan Yang Bisa Berfungsi Sebagai Detox Alami Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *