Dampak Jika Sering Menahan BAB Dalam Jangka Waktu Yang Lama

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – BAB merupakan hal normal yang dilakukan oleh semua makhluk hidup. Terlebih bagi manusia yang mempunyai kebiasaan buang air besar atau BAB setiap harinya.

Karena manusia mempunyai rasa sungkan dan malu, maka tak jarang banyak orang sengaja menunda keinginan untuk buang air besar.

Kondisi ini sering kali kita rasakan saat sedang rapat penting, maka biasanya orang akan berusaha menahan keinginan BAB sampai acara tersebut selesai.

sumber gambar : sekedarcatatan.net

Bagi anda yang sering perjalanan jauh mungkin juga pernah merasakan keinginan BAB saat kondisi macet. Pada situasi-situasi seperti itu tentu kebanyakan orang akan berusaha untuk menahan keinginan BAB sampai beberapa jam. Kondisi ini tentu akan membuat kita kurang nyaman.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Nafsu Makan Yang Besar

Tahukah kita bahwa kebiasaan sering menahan BAB dalam jangka waktu yang lama mempunyai konsekuensi terhadap kesehatan kita. Yang pasti adalah rasa tidak nyaman yang kita rasakan.

Baca Juga  Diet Ketogenik Untuk Menurunkan Berat Badan

Menyikapi kebiasaan seperti ini, maka para pakar kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan sering menahan keinginan BAB bukanlah hal yang baik meskipun terpaksa kita lakukan.

Berikut secara detail dampak jika sering menahan BAB dalam jangka waktu yang lama :

Setelah dua jam menahan BAB

Saat anda berusaha untuk menahan BAB selama kurang lebih dua jam, maka bagian tubuh yang bekerja ekstra adalah otot sfingter yang merupakan bagian otot yang melingkar pada daerah anus.

Saat kita menahan BAB dalam satu jam saja, maka akan menimbulkan tekanan pada bagian perut. Banyak orang bahkan mengalami kram pada perut.

Baca Juga  Mengapa Setelah Makan Terasa Sakit Perut ?

Setelah itu anda akan merasa seperti kembung, bergerak menjadi kurang nyaman fan sering kali mengeluarkan gas yang berbau tak sedap.

Setelah enam jam menahan BAB

Saat anda berusaha menahan keinginan BAB sampai enam jam, maka secara alamiah tubuh kita akan merasa ada banyak kotoran dalam tubuh kita.

Selain merasakan ketidaknyamanan, menahan selama itu keinginan BAB akan memicu anda mengalami masalah pencernaan yaitu sembelit.

Setelah 12 jam menahan BAB

Sudah pasti kalau kita menahan BAB semakin lama, maka akan membuat tekstur dari feces akan mengeras. Saat kondisi feces kita semakin keras, maka saat kita berusaha untuk mengeluarkannya akan merasakan kesulitan, rasa sakit atau bahkan perdarahan yang disebabkan sobeknya anus.

Baca Juga  Jika Anak Menderita Kanker, Jangan Ucapkan Kalimat Ini !

Jika Anda terus menahannya

Bagaimana jika ternyata anda terus menahan BAB sampai ke esokan harinya ? Jika anda menahan selama itu, maka feces akan sangat sulit untuk kita keluarkan. Pada kondisi ini biasanya anda akan membutuhkan bantuan berupa obat pencahar.

Jadi kesimpulannya adalah menahan keinginan BAB bukan hal yang menyehatkan. Kalau kita merasakan keinginan untuk BAB, sebaiknya kita turutin dengan masuk ke toilet dan mengeluarkan sehingga tidak mengganggu kesehatan.

Artikel Terkait : Dampak Jika Sering Menahan Kencing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *