Dampak Jika Kadar Estrogen Terlalu Tinggi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang hormon estrogen, maka erat kaitannya dengan wanita. Ya hormon yang berperan sangat penting bagi seorang wanita ini juga memiliki dampak jika jumlahnya ternyata terlalu tinggi. Sebaiknya kadar hormon estrogen dalam tubuh kita tetap seimbang.

Kondisi hormon estrogen yang terlalu tinggi pada tubuh wanita akan menyebabkan resiko beberapa gangguan kesehatan diantaranya tekanan darah tinggi, memicu depresi, munculnya kista ovarium, endometroisis, PMS, dan yang berbahaya adalah kanker payudara.

Baca Juga : Hubungan Stres Dengan Timbulnya Kanker Payudara

sumber gambar : okezone.com

Kondisi tingginya kadar estrogen seorang wanita bisa disebabkan karena pengaruh konsumsi makanan seperti terlalu banyak konsumsi susu kedelai. Banyak wanita yang mengalami kondisi ini dan mengaku rutin minum susu kedelai setiap harinya. Untuk menggantinya anda bisa mengkonsumsi susu almon.

Baca Juga  Benarkah Kebiasaan Meniup Makanan Anak Berdampak Kurang Baik Bagi Kesehatan ?

Kondisi tingginya kadar estrogen seorang wanita bisa diketahui saat dilakukan pemeriksaan mamografi terdapat perubahan pada payudara fibrokistik yang membuat kondisi jaringan pada payudara terasa lebih padat atau sangat padat.

Menurut para pakar, tingginya kadar estrogen bukan hanya disebabkan karena faktor makanan saja, tetapi bisa juga disebabkan karena faktor kimia. Oleh karena itu untuk menurunkan kadar estrogen secara alami, selain membatasi konsumsi susu kedelai anda juga disarankan untuk banyak makan buah dan sayuran organik seperti contoh brokoli dan kembang kol.

Baca Juga  Ketahui Beberapa Makanan Yang Sebaiknya Tidak Disimpan Terlalu Lama di Dalam Kulkas

Bagi anda yang memiliki kadar estrogen tinggi, disarankan pula untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol. Kondisi ini disebabkan karena alokohol akan mempengaruhi metabolisme oleh hati sehingga bisa mempengaruhi proses penurun.

Yang perlu diketahui bahwa untuk bisa menurunkan kadar estrogen yang tinggi menuju level yang dianjurkan, maka anda membutuhkan waktu. Hal ini sama dengan saat kita menjalani program penurunan berat badan.

Baca Juga  Inilah Penyebab Nyeri Kepala Saat Menstruasi

Artikel Terkait : Beberapa Hormon Yang Sangat Penting Bagi Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *