Dampak Buruk Wanita Hamil Tidur Terlentang

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan para pakar yang berasal dari The Royal College of Midwives mengatakan bahwa wanita hamil yang tidur terlentang memiliki efek buruk yaitu resiko kematian bayi yang dikandung.

Diketahui dalam studi tersebut bahwa posisi tidur terlentang bagi wanita hamil bisa menyebabkan bayi sulit mendapatkan suplai oksigen dengan baik. Ini menjadi sangat fatal bagi kelangsungan hidup bayi yang dikandung.

tidur-terlentang-bagi-wanita-hamil

sumber gambar : vemale.com

Resiko lebih buruk lagi terjadi bila wanita hamil memasuki trimester ketiga. Saat trimester pertama dan kedua, resiko terganggunya suplai oksigen bayi bayi masih belum terlalu bahaya. Namun bukan berarti tidur terlentang baik bagi wanita hamil.

Baca Juga  Bahaya Jika Terlalu Lama Menggunakan Hight Heels

Menurut salah seorang Ilmuwan yang berasal dari Selandia Baru mengatakan bahwa seorang ibu hamil yang melakukan tidur terlentang walaupun hanya 30 menit, maka menyebabkan detak jantung dan suplai oksigen pada bayi menjadi berkurang. Kondisi ini bisa menyebabkan kematian bayi dalam kandungan.

Baca Juga : Tanda Kalau Ibu Hamil Kekurangan Zat Besi

Saat wanita hamil memaksa untuk tidur terlentang dalam waktu yang lama, maka menyebabkan tekanan darah ibu menjadi menurun. Kondisi ini berpengaruh terhadap kehamilan. Untuk itu jika mau tidur, maka sangat disarankan untuk mencari posisi yang paling nyaman dan aman dan menghindari terlentang.

Baca Juga  Apa Saja Kandungan dan Manfaat Luar Biasa Dari ASI

Sisi buruk lain tidur terlentang bagi wanita hamil adalah menyebabkan bayi mudah stres. Jika ini sering terjadi, maka bisa menyebabkan resiko bayi meninggal saat lahir. Sebuah studi lain menyebutkan kalau ibu hamil tidur dengan posisi miring, maka menyebabkan suplai nutrisi ke rahim yang bermanfaat bagi bayi meningkat.

Artikel Terkait : Jangan Sembarangan Mengkonsumsi Obat Nyeri Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *