Dampak Buruk Suka Minum Kopi Instan Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dampak buruk suka minum kopi instan bagi kesehatan. Minuman kopi memang memiliki rasa yang nikmat dan tentunya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun sayangnya hal ini tidak berlaku bagi kopi instan. Ada efek buruk kesehatan jika kita suka mengkonsumsi kopi instan.

sumber gambar : Tribunnews.com

Mengkonsumsi kopi instan memang terbilang lebih praktis. Namun sayangnya kopi instan tidak benar-benar berasal dari biji kopi asli. Bukan hanya itu saja, banyak jenis kopi instan yang hanya memberikan perasa kopi buatan dan tentunya pemanis buatan. Nah jika kita sering kali mengkonsumsi minuman jenis ini, tentu akan berpengaruh buruk bagi kesehatan kita.

Baca Juga  Tidak disarankan Melakukan Diet Secara Berlebihan Sebelum Menikah

Berikut beberapa dampak buruk suka mengkonsumsi kopi instan bagi kesehatan :

Tekanan darah tinggi
Dampak buruk pertama adalah bisa memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini disebabkan karena kopi instan banyak mengandung kimer nabati yang membuat tubuh lebih sulit mencerna. Kondisi ini akan memicu sumbatan pada pembuluh darah yang ujungnya menyebabkan tekanan darah menjadi naik atau tinggi.

Diabetes
Dampak buruk kedua sering mengkonsumsi kopi buatan adalah memicu penyakit diabetes. Banyaknya kandungan pemanis buatan dalam kopi instan memicu banyaknya konsumsi gula dalam tubuh yang menyebabkan resiko terjadinya diabetes.

Baca Juga  Bolehkah Melakukan Imunisasi Pada Anak Meskipun Telat

Kolesterol tinggi
Ternyata suka minum kopi instan juga bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat menjadi meningkat. Jika hal ini berlangsung lama, maka akan menyebabkan masalah jantung dan pembuluh darah. Kondisi ini dipengaruhi oleh kandungan kafein buatan dalam kopi instan.

Kanker
Dampak buruk terakhir suka mengkonsumsi kopi instan adalah bisa memicu terjadinya penyakit kanker. Namun hal ini masih dalam perdebatan oleh para pakar kesehatan. Meskipun demikian sebaiknya kita membatasi atau bahkan tidak mengkonsumsi kopi instan.

Baca Juga  Tips Mengenali Gejala Kadar Gula Darah Yang Rendah

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : Efek Samping Minum Kopi Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *