Dampak Buruk Sering Memencet Jerawat

header niko 728 x 90

memencet jerawat

InspirasiBersamas.com – Bagi setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat. Namun biasanya jerawat akan banyak muncul pada kaum remaja. Saat kita mengalami masalah jerawat tentu akan membuat kita tidak nyaman saat berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu tidak sedikit diantara kita yang sering memencet jerawat dengan harapan agar jerawat hilang. Namun dibalik itu, ada dampak buruk yang akan kita dapat jika sering memencet jerawat.

Menurut seorang dokter kulit yang berasal dari Australia mengatakan ada banyak sekali orang yang salah dalam mengatasi masalah jerawat. Jerawat merupakan sebuah masalah pada kulit yang disebabkan karena peradangan. Untuk itu diperlukan cara khusus untuk mengatasi masalah jerawat.

Memang saat kita didepan cermin dan melihat ada jerawat yang menempel pada wajah kita, maka secara naluri pasti rasanya tangan ini pengen sekali untuk memencetnya. Ini adalah hal yang alami. Sering kita tidak mampu mengintrol diri kita untuk memencet jerawat yang muncul dengan harapan bisa segera kempes. Namun menurut para ahli tindakan ini justru akan memperparah kondisi jerawat itu sendiri dan bisa merusak kulit kita.

Baca Juga  Apa Bahayanya Menaruh Ponsel Pada Saku Celana dan Saku Dada ?

Yang lebih parah lagi adalah kita tidak pernah menjaga kebersihan tangan kita sebelum kita memencet jerawat. Kondisi tangan yang kotor inilah yang membuat kondisi jerawat dan peradangan semakin memburuk. Bahkan sering kali berakhir pada timbulnya jaringan parut akibat bekas luka jerawat.

Banyak orang yang tidak mengetahui kalau pada bagian bawah kulit yang berjerawat terdapat minyak dan kuman yang menyebabkan peradangan pada jerawat. Saat kita mencoba untuk memencet dengan menggunakan tangan yang kotor, maka resiko infeksi akan tinggi sehingga sering menimbulkan bekas luka yang berwarna hitam pada kulit.

Baca Juga  Nyeri Punggung Sulit Hilang Meskipun Sudah Minum Obat Nyeri

Saat kondisi tersebut menjadi sebuah jaringan parut, maka artinya bekas luka tersebut akan bersifat permanen dan membuat kulit kita tampak tidak halus lagi. Hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Apalagi jika luka bekas jerawat muncul pada daerah wajah.

Menurut para pakar, sebenarnya sudah banyak orang yang mengerti kalau memencet jerawat merupakan perilaku yang salah. Namun kebanyakan dari mereka merasa tidak tahan dengan kondisi jerawat pada wajah. Padahal jika kita bisa sabar untuk menahan diri tidak memencet jerawat atau memegangnya, maka secara alami jerawat akan bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih satu minggu.

Lantas bagaimana jika ada seseorang yang mengalami masalah jerawat namun dalam kurun waktu berbulan –bulan tidak sembuh ? Jika anda mengalami masalah jerawat yang tidak kunjung sembuh, maka sangat disarankan untuk pergi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga  Cara Mendeteksi Kesehatan Dari Kondisi Bibir

Biasanya seorang dokter akan menyuruh kita untuk membatasi minum susu sapi. Hal ini dikarenakan berdasarkan sebuah hasil studi mengatakan bahwa minum susu sapi bisa memicu resiko kulit berjerawat. Selain itu seorang dokter akan merekomendasikan untuk menghindari beberapa makanan tertentu dan mendorong konsumsi makanan yang bisa mencegah munculnya jerawat.

Itulah dampak buruk sering memencet jerawat yang bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait : Tips Supaya Luka Tidak Menimbulkan Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *