Dampak Buruk Seorang Ayah Yang Stres Terhadap Anak

header niko 728 x 90

bahaya ayah yang stres

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan para peneliti yang berasal dari Michigan State University mengatakan bahwa seorang ayah yang mengalami stres akan berdampak buruk bagi perkembangan anak.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti telah melakukan penelitian dengan melibatkan 730 keluarga yang mempunyai penghasilan rendah. Mereka diberikan sebuah kuesioner yang berisi tentang pandangan ayah terhadap kehadiran seorang anak dalam keluarga mereka.

Dari hasil studi tersebut didapatkan data bahwa seorang ayah yang mengalami stres, maka akan mempengaruhi perkembangan anak terutama anak laki-laki. Perkembangan yang terganggu terletak pada kemampuan bicara anak yang kurang. Kondisi ini akan lebih buruk lagi jika stres yang dialami seorang ayah lebih berat.

Baca Juga  Dampak Buruk Mengaktifkan Email Kantor Bagi Kesehatan Emosional

Bukan hanya itu saja, seorang anak yang mempunyai ayah yang stres maka membuat perilaku anak menjadi kurang baik bahkan cenderung buruk. Selain itu anak juga kesulitan dalam bersosialisasi dengan banyak orang dan beresiko mengalami depresi pada saat dewasa nanti.

Kalau kita melihat, seorang ayah yang mengalami stres akan cenderung mengabaikan seorang anak dalam urusan belajar, mengenalkan dengan hal baru dan bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini akan membuat perkembangan fisik dan mental anak menjadi terganggu.

Baca Juga  Sering Terjebak Macet Bisa Menyebabkan Munculnya Berbagai Penyakit

Seorang ayah dalam keluarga adalah panutan bagi anak-anak mereka. Apabila ternyata seorang ayah sering mengalami stres, maka akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu sangat disarankan bagi seorang ayah untuk tidak mudah stres.

Memang dalam sebuah keluarga dengan tingkat penghasilan yang rendah, peran seorang ayah dalam mencari nafkah memang berat. Namun bukan berarti seorang ayah harus stres, yang bisa berdampak buruk bagi masa depan anak mereka. Seorang ayah harus berusaha untuk tidak mudah stres bagaimanapun sulitnya mencari nafkah bagi keluarganya.

Baca Juga  Ternyata Melakukan Istirahat Otak Berdampak Positif Pula Bagi Kesehatan Mental

Artikel Terkait : Mengenal Pentingnya Peran Seorang Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *