Dampak Buruk Remaja Yang Kecanduan Kopi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Fenomena yang terjadi di jaman milleium ini adalah banyak kalangan muda yang sangat suka minum kopi. Bahkan berdasarkan sebuah data mereka telah menyukai kopi di usia yang relatif masih sangat muda. Jika kebiasaan ini sampai kecanduan, tentu berdampak buruk bagi kesehatan.

 

Sekarang ini negara Amerika Serikat menjadi negara dengan konsumsi kopi terbesar di dunia. Kelompok usia yang gemar minum kopi adalah usia 19 sampai 35 tahun. Dengan begitu permintaan kopi di negara Paman Sam ini sangat tinggi.

kecanduan-kopi

sumber gambar : http://nusantaranews.co/

Menurut sebuah hasil data yang berasal dari National Coffee Association yang menyatakan bahwa angka konsumen kopi meningkat pada usia 25 sampai 39 tahu. Yang awalnya hanya 51 persen, sekarang ini menjadi 60 persen. Namun pada orang dengan usia lebih dari 40 tahun, konsumen kopi mengalami penurunan.

Baca Juga  Efek Samping Paparan Cahaya Artifisial Terhadap Kepadatan Tulang

 

Berdasarkan sebuah data menyebutkan kalau remaja milenial sekarang ini pada usia 14 tahun sudah banyak yang mulai mengkonsumsi kopi. Hal ini terbukti bahwa banyaknya warung kopi di sekitar kita yang kebanyakan kalangan muda.

 

Menyikapi hal yang demikian, menurut para pakar kesehatan gizi dunia yang bernama Marci Clow, MS, RDN mengatakan bahwa sampai saat ini masih belum ditemukan efek buruk bagi kesehatan terhadap remaja usia dini yang sudah mengkonsumsi kopi. Namun kebiasaan ini bisa berdampak secara akut terhadap kesehatan.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kecanduan Kopi Yang Berlebihan

 

Kita tahu bahwa minum kopi bisa membuat kita tidak merasakan ngantuk. Kalau kalangan remaja muda sudah mengkonsumsi kopi, maka akan mengalami penurunan kualitas tidur. Padahal pada masa itu seorang remaja membutuhkan tidur yang lebih berkualitas untuk menunjang perkembangan baik fisik maupun mentalnya.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Kurus Cenderung Lebih Pelit ?

 

Tidak berhenti sampai disitu saja, menurut para pakar mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa menyebabkan efek samping meningkatnya tekanan darah dan bisa meningkatkan detak jantung. Selain itu orang yang minum kopi akan cenderung lebih banyak kencing karena mengandung diuretik.

 

Selain itu minum kopi juga bisa membuat kita merasa lebih kenyang atau tidak merasakan lapar. Oleh karena itu bagi seorang remaja muda yang suka minum kopi, tentu membuat asupan gizi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi menjadi menurun.

 

Seorang remaja muda yang sudah terbiasa minum kopi, maka bisa menyebabkan efek samping kecanduan yang yang terjadi lebih dini. Kalau sudah kecanduan, maka mereka bisa mengkonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir sehari dan ini berlebihan dan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Baca Juga  Malas Sarapan Bisa Mengakibatkan Munculnya Berbagai Penyakit

 

Satu sisi minum kopi memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan konsentrasi berpikir, membuat hati lebih bahagia, mengurangi resiko sakit kepala dan menurunkan resiko diabetes. Namun jika sampai kecanduan, maka berdampak buruk bagi kesehatan.

Artikel Terkait : Tanda Kalau Kita Terlalu Banyak Minum Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *