Dampak Buruk Pelecehan Seksual Membuat Seorang Anak Perempuan Cepat Pubertas

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang setuju kalau pelecehan seksual menjadi sebuah kejahatan yang luar biasa. Hal ini disebabkan karena dampak yang ditimbulkan bukan hanya fisik, tetapi juga psikis.

Ternyata dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa anak perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual akan mengalami pertumbuhan secara fisik dan kedewasaan yang lebih cepat.

sumber gambar : http://bramardianto.com

Kondisi ini ternyata berkaitan dengan adanya kanker payudara dan ovarium yang dipengaruhi oleh adanya paparan hormon estrogen yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga  Antara Es Krim dan Gelato, Mana Yang Paling Sehat ?

Dalam studi ini dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Pennsylvania State University dengan cara membandingkan 84 wanita tentang lintasan pubertas serta riwayat pelecehan seksual dan 89 orang dengan tanpa adanya sejarah tersebut.

Hasil dari studi tersebut menyebutkan bahwa wanita yang masih gadis yang pernah mendapatkan riwayat pelecehan seksual cenderung lebih cepat mengalami transisi pubertas dini dibandingkan dengan mereka yang tak mempunyai sejarah itu.

Baca Juga  Beberapa Efek Samping Setelah Melakukan Olahraga

Kalau sudah begini, maka akibat dari pubertas dini akan menyebabkan anak gadis sering menjadi sasaran gangguan seksual yang berasal dari teman-teman mereka. Tak jarang pula mereka mendapatkan banyak komentar miring yang tak diinginkan anak.

Kondisi ini tentu menjadi sebuah tentangan dan tekanan bagi seorang anak perempuan. Jika mereka tak mampu mengelola rangsangan ini dengan kuat, maka bisa memicu adanya gangguan psikis berupa depresi dan kecemasan.

Baca Juga  Tips Mencegah Kanker Serviks dan Payudara Bagi Wanita

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Cara Mendidik Anak Tentang Bahaya Pornografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *