Dampak Buruk Mengaktifkan Email Kantor Bagi Kesehatan Emosional

header niko 728 x 90

memantau ponsel

InspirasiBersama.com – Bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan swasta pastinya tidak asing dengan kelelahan akibat tumpukan pekerjaan dalam kantor. Ternyata rasa lelah bukan hanya disebabkan karena tingginya beban kerja saja, mengaktifkan email kantor ternyata juga bisa membuat kita lelah secara emosional meskipun sudah sampai rumah.

Hal ini sesuai dengan hasil studi yang sudah dilakukan di AS yang melibatkan 297 orang yang mengaktifkan email kantor pada ponselnya. Hasilnya adalah mereka sering merasa kelelahan secara emosional meskipun sudah berada di rumah. Gangguan ini bisa membuat para karyawan menjadi menurun produktivitasnya yang disebabkan karena gangguan tidur karena memikirkan pekerjaan kantor.

Baca Juga  Apa Saja Gejala Penyakit Polio Pada Anak ?

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Pegal-pegal Saat di Kantor

Sebenarnya kecanggihan teknologi pada ponsel banyak membantu para karyawan untuk bisa memantau apa yang terjadi di kantornya. Namun ternyata hal itu tidak seperti yang diharapkan. Banyak para pekerja yang justru merasa kelelahan akibat beban kerja dan kelelahan secara emosional.

Dari hasil studi tersebut didapatkan data bahwa yang membuat seorang pekerja merasa kelelahan bukan disebabkan karena tingginya beban kerja dan lama bekerja di kantor, namun lebih disebabkan karena mengaktifkan email kantor yang bisa update pada ponsel masing-masing pekerjanya.

Dengan mengaktifkan email kantor menggunakan ponsel, kebanyakan karyawan mengaku seperti bekerja tanpa ada hentinya meskipun sudah berada di rumah. Mereka seolah-olah harus ikut memikirkan selama 24 jam tentang kantor mereka.

Baca Juga  Jika Anda Sulit Menghindari Fast Food Disarankan Melakukan Hal Ini Agar Tetap Sehat

Hal ini akan membuat kesehatan psikologis karyawan akan terganggu terus meskipun sudah berada di rumah. Ini menjadi tanda yang kurang bagus bagi kesehatan karyawan baik fisik maupun psikologis.

Seharusnya seorang karyawan mempunyai hak untuk terbebas dari beban kerja agar pikiran mereka kembali fresh saat masuk kerja kembali. Jika dipaksa memikirkan pekerjaan terus-menerus akan terasa sangat melelahkan meskipun tidak ada pekerjaan fisik yang harus dilakukan.

Selain itu para pekerja juga mempunyai pikiran bahwa seorang pekerja yang baik adalah akan melayani email klien meskipun posisi sudah off atau di rumah. Jika kita membiarkan email klien tidak kita respon saat di rumah, mereka menganggap hal ini menjadi identitas pekerja yang buruk dan ancaman dipecat akan muncul.

Baca Juga  Apa Saja Kesalahan Memasak Yang Memicu Peningkatan Berat Badan ?

Artikel Terkait : Dampak Buruk Sering Kerja Lembur Bagi Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *