Dampak Buruk Menaruh TV di Kamar Anak Bisa Memicu Obesitas

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dampak buruk menaruh TV di kamar anak bisa memicu obesitas. Bukan lagi sebuah rahasia kalau obesitas pada anak memberi dampak buruk dari segi kesehatan. Kondisi ini bisa memicu berbagai jenis penyakit dan tentunya mengganggu tumbuh kembang anak.

Dulu banyak kalangan orang tua yang senang jika melihat anak kecilnya gemuk. Hal ini karena anak akan terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Namun banyak studi ternyata hal ini berdampak buruk bagi kesehatan sekaligus tumbuh kembang anak. Selain itu anak yang mengalami obesitas juga rentan mengalami depresi saat dewasa kelak.

sumber gambar : http://beritahati.com

Memang kondisi obesitas pada erat lebih disebabkan karena konsumsi makanan dalam jumlah yang besar dan dilakukan secara berulang-ulang. Namun dalam sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa kebiasaan orang tua menaruh TV dalam kamar anak juga meningkatkan resiko anak menjadi obesitas.

Baca Juga  Tips Mengenali Anak Yang Menderita Kanker Darah

Studi tentang hal ini dilakukan oleh para pakar yang berasal dari University Collage London yang menemukan banyaknya kasus obesitas pada anak yang ternyata dipicu oleh adanya TV dalam kamar mereka.

Hasil dari studi tersebut menyebutkan bahwa seorang anak yang ternyata sejak usia tujuh tahun sudah mempunyai televisi di dalam kamar, maka mengalami resiko obesitas lebih besar.

Baca Juga  Tips Agar Anak Cepat Mengantuk

Para peneliti menyebutkan bahwa faktor televisi yang ada di dalam kamar anak menjadi faktor eksternal seorang anak mengalami obesitas. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan mereka.

Kalau kita perhatikan memang benar bahwa dengan menaruh TV di dalam kamar anak, maka mendorong anak untuk lebih suka duduk manis atau tidur di dalam kamar sambil menonton acara kesukaan mereka. Dengan begitu mereka akan malas untuk keluar rumah dan beraktivitas fisik dengan teman.

Yang menjadi ironi adalah banyak orang tua yang lebih suka melihat anak mereka tidak keluar rumah dan asyik menonton televisi di dalam rumah. Padahal hal ini bisa memicu obesitas pada anak yang berpengaruh buruk bagi kesehatan mereka. Itulah dampak buruk menaruh TV dalam kamar anak yang bisa memicu obesitas.

Baca Juga  Manfaat Pencernaan Yang Sehat Bagi Daya Tahan Tubuh Anak

Artikel Terkait : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *