Dampak Buruk Makan Saat Sedang Stres Bisa Memicu Penyakit

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Di antara kita pasti pernah merasakan stres dan berusaha mengkonsumsi makanan tertentu untuk meringankannya. Kebanyakan orang yang sedang stres akan melakukan hal demikian.

 

Kondisi yang seperti ini dikenal dengan sebutan emotioanl eating atau dalam bahasa Indonesia yang artinya lapar hati. Artinya bahwa mereka akan cenderung banyak makan yang dipengaruhi oleh faktor emosi.

sumber gambar : merdeka.com

Banyak makan tentunya bukan pilihan yang sehat bagi tubuh. Bahkan kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan yang memicu penyakit.

 

Menurut seorang pakar kesehatan mengatakan bahwa saat seseorang terganggu emosinya atau stres, maka akan berusaha untuk menghilangkannya dengan mengkonsumsi makanan tertentu misalnya cokelat. Hal ini terjadi secara alamiah.

 

Namun jika hal ini tidak mampu kita kontrol, maka mengkonsumsi makanan secara berlebihan akan berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga  Bahaya Menggunakan Bahan Kosmetik Yang Mengandung Timbal Berlebihan

 

Berikut beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk mengontrol emotional eating :

 

Buat Diary

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat suatu diary tentang pola makan yang anda lakukan seharian.

 

Ada banyak hal yang bisa kita tulis mulai dari jenis makanan apa saja yang kita makan, berapa jumlahnya, dan mengapa kita mengkonsumsinya.

 

Dengan mempunyai catatan tersendiri, maka kita bisa mengevaluasi penyebab kita mengalami emotional eating. Dengan begitu kita bisa memikirkan jalaln keluarnya.

 

Cari Cara Lain Menuntaskan Lapar Hati

Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk menghentikan emotional eating adalah dengan cara mencari cara lain untuk mengendalikan keinginan ini. Secara normal memang emotional eating akan mendorong kita untuk mencari makanan yang kita inginkan saat sedang stres atau sedih.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Kanker Paru Punya Angka Kesembuhan Yang Rendah

 

Namun anda harus pandai mencari cara lain mengendalikan nafsu makan ini, misalnya saja dengan mencoba mengobrol dengan orang lain, bermain bersama hewan peliharaan, mendengarkan musik atau melakukan hal yang menyenangkan seperti memasak.

 

Diam Sejenak

Tips yang ketiga untuk mengendalikan emosional eating adalah dengan melatih untuk diam sejenak saat keinginan makan tersebut muncul. Belajarlah untuk menahan nafsu makan yang berlebih saat makanan sudah tersedia di depan meja dengan diam sejenak.

 

Saat kita diam sejenak, maka coba pikirkan apakah makanan yang kita konsumsi itu sehat, apakah kita sedang merasa lapar sungguhan atau sudah kenyang tapi masih saja ingin makan.

 

Jalani Gaya Hidup Sehat

Tips yang terakhir untuk menghindari banyak makan saat sedang stres adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Ini menjadi cara yang paling mudah untuk kesehatan yang lebih baik.

Baca Juga  Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Baca Juga : Banyak Makan Bisa dipengaruhi Oleh Kurang Tidur

 

Anda bisa rutin melakukan olahraga untuk menjaga stamina, dan kesehatan emosional kita.

 

Kita tahu bahwa orang yang secara rutin melakukan olahraga lebih mungkin terhindar dari stres pikiran. Yang tidak kalah penting dalam menjalankan gaya hidup sehat adalah dengan mengatur jam tidur yang cukup pada malam hari agar pikiran kita juga positif.

Artikel Terkait : Cara Mengendalikan Nafsu Makan Yang Besar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *