Dampak Buruk Kurang Tidur Membuat Sel Imun Menjadi Lemah

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tanpa kita sadari sering kali kita mengalami kurang tidur. Tingginya aktivitas dan tuntutan suatu pekerjaan kerap membuat kita melupakan waktu tidur yang cukup. Akibatnya adalah tak jarang kita mengalami sakit saat badan merasa kelelahan.

sumber gambar : http://www.duniaprofesional.com

Kurang tidur pada malam hari memang sangat berpengaruh besar pada kesehatan kita. Salah satunya adalah membuat sel imun tubuh kita menjadi menurun. Kalau sistem imun tubuh sudah turun, maka akan menyebabkan kita mudah terserang penyakit.

Baca Juga  Akibat Jika Tidur Kurang Dari 6 Jam Pada Malam Hari

Baca Juga : Efek Kurang Tidur Bisa Membuat Jantung Tidak Sehat

Hal ini sudah dilakukan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa dari hasil pemeriksaan didapatkan penurunan daya tahan tubuh bagi mereka yang kerap mengalami kurang tidur. Ini menjadi indikasi betapa pentingnya durasi tidur bagi kesehatan kita.

Para peneliti menyebutkan bahwa seseorang yang mengalami kurang tidur akan lebih mudah terserang flu dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. Menurutnya tidur cukup mempunyai peranan seperti halnya pola makan yang sehat serta rutin melakukan olahraga.

Baca Juga  Orang Yang Menderita Insomnia Rentan Terhadap Berbagai Penyakit

Saat tubuh kita tertidur, maka akan terjadi sebuah proses regenerasi sel dan menghasilkan suatu protein yang berfungsi sebagai konsumsi sel-sel yang membentuk imun. Dengan begitu maka sistem imun kita bisa bekerja dengan baik untuk menangkal penyakit yang masuk pada tubuh.

 

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan di Amerika menyebutkan bahwa kebanyakan orang melakukan tidur malam kurang dari 6 jam. Padahal menurut para pakar kesehatan, jam tidur yang disarankan bagi orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam pada malam hari.

Baca Juga  Benarkah Vegetarian Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung ?

Artikel Terkait : Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *